alexametrics

Airlangga Hartarto Akui ‘Badai’ Varian Delta Bikin Kuartal III Berat

6 Agustus 2021, 12:06:24 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyambut baik pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2021 yang naik 7,07 persen. Capaian tersebut dapat menjadi tabungan dalam menggenjot ekonomi nasional tahun ini di angka 3,7-4,5 persen pada akhir tahun ini.

“Pemerintah melihat kuartal IV adalah potensi untuk kita membalikkan keadaan lagi. Kita perkirakan di kuartal IV secara year on year itu 3,7-4,5 persen karena kita punya tabungan di kuartal II ini 7,07 persen,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (5/8).

Namun, Airlangga mengatakan, capaian target tersebut sangat bergantung pada penangangan Covid-19 varian Delta yang daya tularnya dapat mengganggu pertumbuhan nasional. Sebab, kasus aktif Covid-19 pada awal kuartal III naik di atas 500 ribu.

“Pada kuartal III ini sebagai akibat merebaknya varian Delta, sehingga tentu pada kuartal III ini kita lihat pertumbuhan ekonomi akan terdampak,” ucapnya.

Airlangga mengaku, hal itu berbeda dibanding kondisi kuartal II dimana kasus aktif Covid-19 berada di bawah 100 ribu hingga dapat mengerek pertumbuhan ekonomi tumbuh 7,07 persen. Harapannya, berbagai kebijakan pemerintah dapat menurunkan kembali kasus Covid-19 pada kuartal III hingga dibawah 200 ribu.

Airlangga memandang, pertumbuhan ekonomi kuartal III sangat tergantung seberapa cepat kasus varian Delta bisa ditekan. Saat ini meskipun BOR (Bed Occupancy Ratio) sudah mulai turun, namun kasus aktif masih sangat fluktuatif.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads