alexametrics

Formasi Baru Dewan Kesenian Jakarta

11 September 2020, 23:58:29 WIB

JawaPos.com – Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) masa bakti 2020-2023 resmi dikukuhkan oleh Gubernur Anies Baswedan. Pengukuhan pengurus baru DKJ tersebut dilakukan di dua tempat berbeda, Balaikota DKI Jakarta dan Planetarium. Formasi baru DKI tersebut tidak semuanya menghadirkan wajah anyar. Beberapa nama yang sebelumnya menjadi pengurus DKJ kembali menjabat.

Dalam sambutannya, Anies menyebut pengukuhan susunan baru DKJ tersebut diharapkan mampu membawa semangat kebaruan yang berdampak pada kemajuan seni dan budaya di DKI Jakarta. ’’Dewan Kesenian Jakarta akan tetap dan terus memunculkan karya-karya berkelas internasional seperti Jakarta International Literary Festival 2019,’’ kata Anies. Pengukuhan pengurus baru DKJ tersebut merujuk pada Kepgub No.83/2020 sebagai dasar hukumnya.

Selain 30 anggota, dalam struktur organisasi DKJ juga terdapat tiga orang ex-officio yang berasal dari latar belakang beragam. Seperti pengurus DKJ periode-periode sebelumnya, para pengurus terpilih kali ini terbagi ke dalam lima komite pembidangan. Yaitu, Komite Film dengan pengurus Agni Ariatama (Ketua), Angga Sasongko, Ekky Imanjaya, Hikmat Darmawan, dan Shuri Mariasih Gietty.

Lalu, di Komite Musik ada Adra Karim (Ketua), Amrullah, Asep Hidayat, Cholil Mahmud, dan Imam Firmansyah. Di Komite Sastra, Sri Wresti Avianti menjadi ketua sedangkan anggotanya adalah Ben Sohib, Hasan Aspahani, Jaronah, Abdullah, dan Yusi Avianto Pareanom. Di Komite Seni Rupa ada Aidil Usman sebagai ketua dengan anggota Cecil Mariani, Danton Sihombing, Farah Wardani, dan Harry Purwanto.

Pada Komite Tari, Yola Yulfianti menjadi ketua dengan anggota Aiko Senosoenoto, Josh Marcy, Saras Dewi, dan Siko Setyanto. Dan di Komite Teater Bambang Prihadi menjadi ketua dengan anggota Dendi Madya, Nurul Susantono, Rebecca Kezia, dan Suaeb Mahbub. Susunan pengurus baru DKJ tersebut dipimpin oleh satu orang ketua yang pada periode sebelumnya telah duduk sebagai pengurus DKJ, Danton Sihombing.

Formasi baru DKJ tersebut memunculkan nama-nama baru yang mewakili unsur generasi muda di ranah kesenian Jakarta. Hampir di semua komite terdapat nama-nama seniman muda yang banyak aktif di dunia seni hari-hari ini. Mereka antara lain adalah Adra Karim, Rebeca Kezia, dan Siko Setyanto.

Formasi baru DKJ tersebut tidak lepas dari pro dan kontra. Sebelumnya, Ketua Umum Betawi Bangkit David Darmawan sempat melontarkan protes keras atas susunan pengurus anyar DKJ tersebut. Menurutnya, susunan anyar pengurus DKJ tersebut tidak melibatkan warga Betawi. Protes tersebut senyatanya tidak mengubah keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk mengukuhkan pengurus baru DKJ. (tir)

 

 

Editor : tir



Close Ads