alexametrics

Bingung Pilih Perabotan Rumah? Simak 7 Langkah Berikut

24 November 2019, 20:17:44 WIB

JawaPos.com – Nilai estetika rumah akan berkurang jika tidak dilengkapi dengan furnitur. Bagaimana tidak, rumah tanpa furnitur tentunya akan tampak sepi bak hunian tak berpenghuni.

Di luar itu, sejatinya keberadaan furnitur juga memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari meja, kursi, perangkat untuk meletakkan barang dan lainnya pasti diperlukan.

Guna mendapatkan manfaat maksimal, setiap orang harus memerhatikan model, tipe, dan kualitas furnitur itu sendiri. Nah, agar tak salah pilih, perhatikan tujuh hal berikut ini sebelum beli furnitur agat tak menyesal kemudian hari seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (24/11).

1. Kenali Kondisi Setiap Ruangan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli furnitur adalah mengenali kondisi setiap ruangan yang ada di rumah. Untuk area yang luas seperti ruang tamu, Anda bisa membeli satu set meja-kursi dengan aksesoris tambahan dengan ukuran yang sesuai.

Sedangkan untuk area yang berukuran sedang, seperti kamar tidur, bisa ditambahkan dengan satu meja dan satu kursi beserta lemari pakaian yang sesuai. Selain ukuran, kenali pula fungsi ruang tersebut.

Ruangan yang berfungsi sebagai tempat kumpul anggota keluarga, tak ada salahnya menggunakan furnitur yang cukup mewah, nyaman, dan berkualitas. Karena memang furnitur di ruang ini akan lebih sering digunakan.

2. Catat Furnitur Apa Saja yang akan Diganti

Mengingat jenis furnitur yang dijual di toko itu banyak, sebaiknya catat furnitur apa saja yang diperlukan dan akan dibeli. Selain menghemat tenaga dan waktu, cara ini akan membantu Anda untuk menghemat pengeluaran.

Sebab hal ini juga akan menjaga Anda untuk tidak tergoda dan asal membeli furnitur yang terlihat menarik tapi sebenarnya tidak dibutuhkan. Sebelum itu, luangkan waktu untuk mengecek furnitur yang sudah uang dan tidak layak dipakai untuk segera diganti yang baru. Catat dengan baik dan teliti pada selembar kerta atau buku khusus catatan keperluan rumah. Lalu bawa catatan itu saat pergi ke toko furnitur.

3. Pilih Bahan yang Berkualitas, Bukan Sekadar Unik

Melihat barang yang unik memang menarik. Tapi kualitas tentunya lebih penting ketimbang daya tarik visual dari furnitur. Sebab tentunya Anda ingin punya furnitur yang awet atau tahan lama, bukan?

Maka dari itu, pilih furnitur yang terbuat dari bahan berkualitas. Usahakan agar bahan dasar pembuat furnitur juga mudah dibersihkan. Salah satu bahan furnitur yang bisa Anda pertimbangkan adalah kayu jati. Harganya memang relatif cukup mahal ketimbang jenis kayu lainnya.

Tapi untuk urusan kualitas, kayu jati biasanya lebih unggul. Furnitur berbahan kayu jati ini bisa tahan lama hingga berpuluh-puluh tahun lamanya, karena teksturnya yang padat sehingga tidak mudah dimakan rayap.

4. Beli Furnitur yang Hemat Tempat tapi Multi Fungsi

Furnitur yang dijual di toko tersedia dalam berbagai jenis, model, dan ukuran. Sebaiknya sesuaikan dengan ukuran ruangan yang ingin ditempati. Jika ruangan kecil, pilih furnitur yang minimalis dan multi fungsi. Sehingga ruangan tetap terkesan luas.

5. Sesuaikan Warna Furnitur dengan Cat Dinding

Agar isi rumah nyaman dilihat, pilih warna furnitur yang senada dengan cat dinding atau warna perabotan rumah lainnya. Carilah satu warna yang paling dominan di ruangan tersebut, apakah itu putih, abu-abu, coklat, dan lainnya.

6. Sesuaikan dengan Bujet Masing-Masing Furnitur

Harga memang menentukan kualitas barang. Tapi harga mahal bukan jaminan kalau barang tersebut memiliki kualitas tinggi. Sebab penetapan harga tidak lepas dari popularitas suatu merek dan bahan yang digunakan.

Lebih baik pilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Kalau Anda termasuk orang yang cepat bosan, furnitur yang harganya menengah sudah cukup bagus untuk mengisi ruang tamu.

7. Beli di Toko Furnitur

Harga furnitur memang dikenal tak semurah harga barang-barang lainnya yang dibutuhkan untuk mengisi rumah. Oleh sebab itu, belilah furnitur di toko khusus yang menjual barang- barang tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa memiliki banyak pilihan dan perbandingan furnitur yang tepat untuk dibeli. Sebab biasanya toko furnitur akan menawarkan banyak pilihan model, kualitas, dan harga yang bervariatif.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads