alexametrics

Sleek, Modern, Seamless: Penataan Ikuti Flow Tiap Ruang

23 Agustus 2020, 17:37:35 WIB

Kemewahan juga bisa terpancar dari kesederhanaan. Penataan ruangan dan perabot serta pemilihan warna menjadi kunci agar rumah tetap elegan dan “lega”. Ibarat jahitan, seamless atau tanpa kelim.

HUNIAN modern tak melulu tentang tampilan yang clean. Rumah masa kini juga lekat dengan efisiensi ruangan. Tampilan yang elegan diimbangi pula dengan tatanan perabot yang rapi. Ibarat jahitan, seamless atau tanpa kelim. Dalam rumah Nita Sofiani rancangan Eric Wibowo, konsep tersebut tecermin nyaris di setiap ruangan.

Ruang makan dan dapur seakan menjadi satu. Selain tanpa sekat, konsep kedua area pun serasi. ”Layout seamless bisa dicapai dengan pengaturan posisi ruangan yang tepat. Perlu dipikirkan benar-benar perpindahan arus manusia dari satu ruangan ke ruangan lainnya,” ungkap pemilik Eric Wibowo Interiors itu.

VOCAL POINT: Sentuhan warna vista blue pada dinding ranjang ruang tidur. Nakas di samping tempat tidur didesain seamless. (ERIC WIBOWO FOR JAWA POS)

Di sisi lain, perabot pun berpengaruh. Penataannya mengikuti ”arus”. Pemilihan furnitur pun harus tepat. Kata kuncinya: simpel dan serasi. ”Cari bentuk perabot yang senada dan warnanya matching satu sama lain,” lanjut Eric. Desainer yang berkantor di Surabaya dan Jakarta tersebut mencontohkan pemilihan perabot di ruang makan. ”Pilih kursi yang nggak terlalu tinggi atau ngeblok sehingga pandangan tidak terhalang,” lanjutnya.

Dalam desainnya, Eric mengedepankan konsep modern yang simpel dan everlasting. Setiap ruangan terasa lapang. Sesuai dengan impian Nita Sofiani, pemilik rumah. ”Konsep rumah yang saya inginkan adalah yang terlihat spacious dan modern, berpencahayaan bagus, sekaligus tetap nyaman,” imbuhnya.

Baca juga: MRT Jakarta Ingin Ada UU Mengatur Ruang Bawah Tanah untuk Komersil

Desain Interior: Eric Wibowo

Lokasi: Surabaya Timur

(Eric Wibowo Interiors for Jawa Pos)

TRIVIA

PERMAINAN AKSEN BIRU

Di kamar tidur, Eric menggunakan warna vista blue di seluruh dinding ranjang. Sementara itu, pintu rak sepatu di foyer dicat classic blue, warna Pantone 2020.

(Eric Wibowo Interiors for Jawa Pos)

PADU PADAN MATERIAL

Tidak ada batasan dalam memilih material furnitur. Di dapur, Eric memadukan storage yang berlapis vinyl dengan sink marmer. Sementara itu, di area ruang makan, dipadukan kaca (pada meja), kursi kayu, sofa, serta lampu gantung berbahan besi.

PENCAHAYAAN MAKSIMAL

(Eric Wibowo Interiors for Jawa Pos)

Rumah yang terang memberikan kesan yang hangat. Rumah Nita didukung dengan jendela besar sebagai akses cahaya. Selain itu, di ruang makan, dapur, serta living room, pencahayaan juga didukung spot light.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c12



Close Ads