alexametrics

Box Laser-Cut Ciptakan Efek Lukisan “Bergerak”

7 November 2021, 19:19:08 WIB

Pemandangan lapangan golf yang terhampar di depan rumah menjadi privilese tersendiri. Namun, sang pemilik ingin privasinya tetap terjaga. Arsitek Gerard Tambunan punya cara untuk mengakomodasi dua hal itu sekaligus.

PEMILIK rumah megah tiga lantai itu berasal dari Arab Saudi. Lanskap lapangan golf mengingatkannya pada padang pasir di kampung halaman, namun dengan versi hijau dan sejuk. Menurut Gerard, si pemilik sangat menyukai iklim Indonesia dan cuaca di Bogor yang sering hujan. Itulah mengapa dibuat rumah dengan fasad berbentuk box yang didominasi material aluminium laser-cut.

Box laser-cut besar itu seolah mengambang di atas bangunan kaca. Dari dalam rumah, pemandangan lapangan golf yang indah bisa terlihat. Udara dan sinar matahari pun bisa menembus, seolah menipiskan batas antara indoor dan outdoor. ’’Namun, orang di luar rumah tidak akan bisa melihat bagian dalamnya,’’ kata Gerard kepada Jawa Pos, Kamis (4/11).

Material aluminium dipilih karena menghantarkan panas lebih rendah daripada besi. Hal itu penting agar panas dari sinar matahari tidak menembus ke dalam dan membuat bagian dalam rumah terasa panas. ’’Aluminium juga tidak berkarat, sehingga bisa long-lasting, terlebih di Bogor yang lembap,’’ terangnya.

Motif geometri semakin memperindah fasad tersebut. ’’Pemiliknya hanya berpesan bahwa dia tidak ingin motif ala Timur Tengah dan lebih suka nilai-nilai modern, jadi dibuat geometri saja,’’ ujarnya. Lubang-lubang geometri itu menciptakan bayangan dan efek cahaya yang indah saat siang di hampir seluruh area rumah.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c18/nor




Close Ads