Setelah 152 Tahun Lalu, Kali Ini Gerhana Bulan Total Bareng Supermoon

30/01/2018, 18:19 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ilustrasi Gerhana bulan (Pixabay.com)
Share this image

JawaPos.com - Gerhana bulan total yang terjadi Rabu (31/1) akan menjadi fenomena spesial. Sebab supermoon dan bluemoon berlangsung yang berbarengan dengan gerhana bulan total.

Kabag Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Jasyanto menuturkan, gerhana bulan total itu merupakan fenomena langka. Sebab, kali terakhir gerhana bulan jenis tersebut terjadi pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun silam.

Dia menjelaskan, gerhana bulan Rabu (31/1) malam itu spesial karena bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan bluemoon. Supermoon muncul ketika bulan berada dalam jarak terdekat dengan bumi.

Ilustrasi Gerhana bulan (Pixabay.com)

Saat itu terjadi, bulan bisa tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang jika dibandingkan dengan biasanya. Bluemoon adalah bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender. "Puncak gerhana bulan terjadi pada pukul 20.30 WIB," katanya kemarin.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menambahkan, fenomena itu dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga wilayah di sebelah barat Sumatera. 

(tau/wan/c6/oki)

Alur Cerita Berita

Berita Terkait

Rekomendasi