JawaPos Radar

Lucu! Katak Langka 10 Tahun Menjomblo, Kini Cari Jodoh Online

13/02/2018, 16:03 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
katak langka jomblo
Romeo, katak berjenis Sehuencas yang terancam punah. (Mirror)
Share this

JawaPos.com – Namanya Romeo. Ia adalah seekor katak yang 10 tahun hidupnya tidak memiliki pasangan alias jomblo. Uniknya, katak ini dibuatkan akun kencan online sekaligus untuk menyambut hari kasih sayang Valentine.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Senin (12/2), ide tersebut muncul dari para ilmuwan yang tergabung dalam organisasi peduli satwa Global Wildlife Conservation (GWC). Tim ilmuwan itu membuatkan akun kencan online Match.com untuk Romeo.

Proyek mencarikan jodoh untuk Romeo bahkan hingga melibatkan beberapa pihak sekaligus. Antara lain GWC, Match.com, dan Bolivian Amphibian Initiative demi menyelamatkan Romeo dari ancaman punah lantaran telah lama tidak memiliki pasangan.

katak langka jomblo
Akun kencan online Match milik Romeo, katak langka yang terancam punah. (Mirror)

Diketahui, Romeo merupakan satu-satunya katak air berjenis Sehuencas yang masih hidup hingga saat ini. Kini Romeo telah memiliki akun di situs kencan online Match.com. Katak menggemaskan itu harus segera menemukan pasangannya. Sebab dia berada dalam ancaman punah jika tidak melanjutkan reproduksinya.

Pendiri Bolivian Amphibian Initiative, Arturo Muno mengatakan bahwa ahli biologi menemukan Romeo 10 tahun lalu. Kemudian ketika mengetahui bahwa Romeo masuk dalam spesies Sehuencas yang sangat langka, peneliti sadar akan menghadapi masalah yang sangat rumit. “Kami tahu Romeo adalah spesies langka, maka ketika kami menemukannya otomatis kami memikirkan kelangsungan hidupnya,” jelas Muno.

"Kami tidak ingin dia kehilangan harapan, dan kami terus berharap bahwa ada orang lain di luar sana yang peduli dengan Romeo, sehingga kami dapat membangun program pemuliaan konservasi untuk menyelamatkan spesies ini," sambung Muno.

Lantas apakah akun kencan online milik Romeo benar-benar akan membawa dia menemukan belahan jiwanya? Jawabannya bisa jadi iya. Mekanismenya, ketika pengguna menemukan profil Romeo di platform kencan online Match.com, mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang katak tersebut, kemudian melakukan donasi untuk mendukung gerakan menyelamatkan satwa terancam punah itu.

CEO Match, Hesam Hosseini mengatakan bahwa selama lebih dari 20 tahun Match.com telah membantu para lajang berhasil menemukan pasangannya. “Kami yakin bahwa bergabungnya Romeo di platform kami, dia akan segera menemukan pasangan untuk kelangsungan hidupnya,” jelas Hesam.

"Menemukan kecocokan untuk Romeo bukan hanya tantangan baru bagi kami, namun demi menyelamatkan seluruh spesies satwa terancam punah. Kami dengan senang hati menerimanya,” tandas Hesam.

Kerja sama antara ketiga pihak tersebut untuk menemukan jodoh bagi Romeo, diharapkan akan terkumpul dana sebesar USD 15 ribu atau setara dengan Rp 202 juta. Dana tersebut akan dialokasikan untuk memberangkatkan tim peneliti ke tempat yang belum pernah mereka datangi demi menemukan jodoh untuk Romeo.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up