Fortnite Android Tak Ada di Play Store, Google Diprediksi Rugi Bandar

11/08/2018, 18:12 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Terkait dengan Fortnite yang tidak akan tersedia di toko aplikasi Google. Beredar kabar bahwa Google akan mengalami kerugian hingga USD 50 juta. Angka yang fantastis jika di konversikan ke rupiah (Reuters)
Share this image

JawaPos.com – Game survival fenomenal Fortnite dikabarkan meluncur dalam waktu dekat secara massal untuk pengguna Android. Bahkan game tersebut telah hadir secara ekslusif bersamaan dengan smartphone Samsung Galaxy Note 9 dalam paket penjualannya yang diumumkan Kamis, (9/8), lalu.

Sayangnya, kabar yang santer terdengar belakangan soal Fortnite Android yang tidak akan tersedia di toko aplikasi Google Play Store memang benar. JawaPos.com mencoba menelusuri game tersebut di Google Play Store, kemudian muncul ‘Fortnite Battle Royale dari Epic Games Inc tidak tersedia di Google Play’.

Terkait dengan Fortnite yang tidak akan tersedia di toko aplikasi Google. Beredar kabar bahwa Google akan mengalami kerugian hingga USD 50 juta. Angka yang fantastis jika di konversikan ke rupiah.

Dilansir Ubergizmo, Sabtu, (11/8), absennya Fortnite dari toko aplikasi Google menjadi penyebab kerugian tersebut. Sederhananya, Google selaku pemilik toko akan kehilangan uang ‘jasa titip’ yang akan didapat setiap kali pengguna membeli aplikasi atau game di Google Play Store.

Menurut salah satu sumber yang mengkalkulasi angka tersebut, kerugian senilai USD 50 juta itu hanya untuk tahun 2018 ini saja. Belum diketahui berapa kerugian di tahun-tahun selanjutnya mengingat game ini memang tengah digandrungi banyak kalangan.

Google memang mengutip bayaran atas setiap aplikasi atau game yang diluncurkan di Play Store. Game ini bahkan dikatakan telah menghasilkan pundi-pundi uang senilai USD 1 miliar hingga saat ini.

Peluncurannya di Android tidak diragukan lagi akan terus menambah uang yang masuk ke kantong pengembang, Epic Games. Sementara Epic Games sendiri sebelumnya telah mengonfirmasi kalau game-nya itu tak akan didistribusikan melalui Play Store.

Epic Games akan menyediakan game tersebut di portalnya sendiri khusus untuk pengguna Android. Langkah ini diambil Epic Games untuk menyelamatkan 30 persen potongan pemasukan oleh Google jika mendistribusikan game tersebut melalui Play Store.

Namun langkah ini hanya dilakukan Epic Games di Android saja. Sebab Apple menerapkan standar lebih ketat untuk aplikasi yang berjalan di atas platform iOS.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi