alexametrics

Kampung Wisata Puspa Jagad Ajak Melihat Kambing dan Sapi Perah

Suguhkan Keseruan Bermain Outbound
31 Oktober 2020, 20:44:07 WIB

Kampung wisata itu diberi nama Kampung Wisata Ekologis (KWE). Kampung wisata tersebut telah menjadi jujukan warga dari sejumlah daerah.

WISATAWAN, pelajar, mahasiswa, hingga akademisi pernah mampir ke sana. Baik itu untuk sekadar menikmati destinasi wisatanya maupun belajar tentang bertani dan beternak. Sebab, KWE Puspa Jagad mengusung konsep wisata edukasi yang berada di Dusun Tegalrejo, Desa Semen. Tepatnya berada di kaki Gunung Kelud.

Ya, di sana pengunjung akan diajak melihat-lihat sentra peternakan kambing dan sapi perah milik kelompok warga setempat. Juga bisa diajak melihat kebun nanas, manggis, pisang tanduk, hingga durian.

Manajer KWE Puspa Jagad Andreas Puguh Maeroso menyatakan, KWE Puspa Jagad awalnya memang berkonsep wisata ekologis. Sebab, kehidupan mayoritas warga di Dusun Tegalrejo bertani, berkebun, hingga beternak. ”Dari situlah kami mencoba mengembangkan potensi yang ada di desa menjadi sebuah kampung wisata,” ungkapnya kepada koran ini.

Pria yang juga kepala Dusun Tegalrejo, Desa Semen, itu menjelaskan, KWE Puspa Jagad di-launching pada 2006. Lantas tahun demi tahun berkembang. Spot wisata baru bertambah. ”Yang terakhir pada 2013, kami buat camping ground atau bumi perkemahan dan permainan outbound,” ujarnya.

Andreas menyebutkan, pemasukan yang diperoleh dari KWE Puspa Jagad itu rata-rata mencapai Rp 1,4 miliar per tahun. Sebagian pendapatan itu dibagi kepada kelompok warga sebagai pengelola wisata dan sebagian masuk kas desa.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sub/din/c9/diq



Close Ads