alexametrics

Nikmati Pasir Putih Pantai Klayar dengan Iringan Seruling Samudra

30 Oktober 2020, 17:43:50 WIB

Sebagian besar wilayah pesisir pantai selatan Jawa Timur masih tergolong alami. Tak sedikit pula yang kini menjadi objek wisata andalan. Salah satunya, Pantai Klayar, Pacitan.

JARAKNYA memang terbilang cukup jauh, sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Pacitan. Tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Butuh waktu satu jam perjalanan darat untuk menuju pantai tersebut.

Namun, jangan khawatir. Sebab, akses menuju ke sana sudah lebar dan representatif. Bisa dilalui dua kendaraan besar saat bersisipan. Bagi yang tak membawa kendaraan pribadi, ada bus pariwisata yang melayani.

Selama perjalanan, pengunjung bisa menikmati sajian pemandangan tebing yang dipadu dengan medan naik-turun dan berliku. ’’Yang penting fokus dan kondisi kendaraan fit,’’ kata Duta Wisata Kenang Pacitan Ferdian Yogi.

Begitu tiba, perjalanan panjang para pelancong langsung dibayar lunas dengan keindahan pemandangan Pantai Klayar. Pengunjung juga disambut ”seruling samudra”. Jangan salah, yang dimaksud bukan alat musik. Melainkan suara yang ditimbulkan terjangan ombak ke batu karang.

Selain itu, disebut seruling samudra karena ada celah di batu karang. Saat ombak menerjang, air masuk ke celah karang dan muncrat ke atas. Semburannya bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Terlihat seperti air mancur yang cukup tinggi disertai dengan suara siulan yang mirip dengan suara siulan seruling. ’’Tapi, kalau pas ombaknya besar, seruling samudra tidak bisa dinikmati,’’ kata Yogi.

Nuansa alam Pantai Klayar masih sangat kental. Bibir pantai itu memiliki pasir putih yang dihiasi dengan deretan pohon kelapa. Pinggiran pantai juga dikelilingi perbukitan yang bisa didaki. Pengunjung bisa melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit tersebut.

Pantai Klayar didominasi bebatuan dan tebing. Sangat cocok untuk wisata keluarga. Mereka bisa melihat keindahan alam seraya menikmati wahana yang tersedia.

Untuk masuk ke lokasi tersebut, pengunjung tak perlu merogoh kocek besar. Bahkan boleh dibilang sangat terjangkau dan tak sebanding dengan keindahan yang ditawarkan pantai tersebut.

Bagi pengunjung yang hendak bermalam, ada penginapan dan homestay di lokasi tersebut. Sama, tarifnya juga sangat ramah bagi pelancong. Biasanya penginapan tersebut dimanfaatkan wisatawan yang hendak menikmati sunset.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : riq/c7/ris



Close Ads