alexametrics

Sensasi Swafoto di Ketinggian 615 Mdpl di Wisata Bukit Gandrung Kediri

30 Mei 2021, 20:08:45 WIB

Dulu, bukit ini jadi pos pengawasan pemerintah kolonial Belanda. Kini, kawasan tersebut bermetamorfosis menjadi objek wisata nan eksotis di ketinggian 615 meter di atas permukaan laut (mdpl).

KONTUR jalannya khas pegunungan. Berkelok-kelok dan menanjak. Di kiri dan kanannya berjajar pohon cemara yang berseling dengan pohon durian. Juga, ada pohon-pohon cengkih yang menjulang di sela-sela dua pohon itu.

Suasana itulah yang tersaji ketika melewati Desa Medowo, salah satu desa wisata di Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Aroma pegunungan memang khas di tempat ini. Lokasinya yang berada di lereng pegunungan Anjasmoro adalah salah satu sebabnya.

Selain pemandangan alam yang segar itu, ada destinasi wisata yang digandrungi pelancong. Wisata Bukit Gandrung (WBG) Tanggulasi. Sesuai namanya, destinasi ini berada di ketinggian, di puncak bukit.

Butuh tenaga ekstra untuk menuju ke sana. Sebab, pengunjung harus melintasi jalanan yang menanjak. Namun, ’’perjuangan’’ itu akan terbayar lunas ketika berada di puncak bukit.

Pelancong bakal menikmati pemandangan eksotis. Juga spot-spot foto menarik. Juga fasilitas rekreasi lain seperti halnya kolam renang. Di salah satu area yang penuh rerumputan tebal dan berbagai tanaman hias, Nia Nuraini, salah seorang pengunjung, tengah asyik berswafoto. Latar belakangnya hutan yang membentang luas di punggung Gunung Anjasmoro. Juga, hamparan langit yang membiru di angkasa. ”Tempatnya bagus, hijau sejuk,” ucapnya seraya menunjukkan beberapa hasil jepretan di gawainya.

Udara di WBG Tanggulasi sangat sejuk. Sebab, destinasi ini berada di ketinggian 615 mdpl. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan ketinggian dari menara setinggi 10 meter dari puncak bukit. Mereka juga bisa berswafoto dengan latar hutan dan angkasa.

Bukan hanya itu andalan tempat wisata seluas 1 hektare tersebut. Masih ada tempat lain yang menampilkan miniatur-miniatur rumah, taman bunga, serta deretan gazebo. Bagi anak-anak, ada dua kolam renang yang bisa digunakan untuk bermain air. Seluas 20 meter persegi. Berenang di ketinggian tentu membawa sensasi tersendiri.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : wi/fud/c17/ris

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads