alexametrics

Ingat, Hanya Lima Benda Ini yang Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel

29 Juli 2019, 17:16:58 WIB

JawaPos.com – Traveling atay Staycation (menginap sementara) di hotel atau tempat wisata sudah menjadi gaya hidup kaum urban. Tak hanya wisatawan asing, akan tetapi wisatawan lokal atau masyarakat di suatu wilayah juga senang memilih hotel atau tempat wisata terdekat untuk berlibur bersama keluarga.

Tapi ingat ya, selama berlibur di hotel, wisawatan harus tetap menjaga sikap dan kesopanan dengan mematuhi peraturan yang berlaku. Sebab baru-baru ini sikap yang tak patut dicontoh dilakukan oleh rombongan wisatawan asing saat menginap di sebuah hotel di Gianyar, Bali.

Tindakan mereka melanggar peraturan hotel karena sudah memasukkan barang-barang milik hotel ke dalam koper. Terlanjur curiga, pihak hotel pun menemukan barang-barang milik hotel di dalam koper.

Berbagai pernak-pernik pajangan hotel hingga pengering rambut dimasukkan ke dalam koper. Peristiwa itu menjadi viral setelah seorang netizen mengunggah rekamannya melalui media sosial.

Nah sebetulnya, barang-barang apa saja sih yang boleh dibawa pulang tamu hotel?

Anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten, Exberg Kaary menjelaskan, setiap hotel memiliki kebijakan dan aturan masing-masing. Jika merasa ada barang yang tidak diperbolehkan dibawa pulang, hilang, pihak hotel biasanya menghubungi tamu yang menginap.

“Biasanya jika ada kehilangan barang. Pihak hotel menghubungi tamu meminta untuk mengembalikan atau mengganti sesuai barang yang hilang,” tegasnya kepada JawaPos.com, Senin (29/7).

Namun, ada beberapa benda yang biasanya diperbolehkan dibawa pulang. Paling umum adalah peralatan mandi dan sandal.

Marketing and Communications Manager Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center Paundra Hanutama mengatakan amenities adalah perlengkapan penunjang yang disediakan hotel untuk tamu selama menginap. Hal ini diadakan untuk mempermudah bahkan memberikan servis tambahan untuk tamu supaya lebih nyaman selama tinggal dan ngak repot tentunya.

Jenis amenities tiap hotel beda-beda tetapi amenities standar biasanya sabun mandi, shampoo, conditioner shampoo, body lotion, kapas, korek kuping, sisir. Bahkan amenties hotel bintang lima bisa menyediakan parfum brand tertentu dan berbagai barang lainnya.

“Pada dasarnya Semua amenities yang disediakan dan beraifat sekali pakai boleh dibawa pulang. Akan tetapi banyak tamu yang berpikir saya sudah bayar dan saya berhak membawa fasilitas lain, seperti contoh jug kettle, soap holder, hair dryer, handuk, senter dan bahkan setrika,” kata Paundra.

Jika ada tamu yang menginginkan fasilitas tersebut, lanjutnya, biasanya pihak hotel mempunyai stok atau barang yang memang dengan sengaja dijual sebagai suvenir. “Saya sendiri termasuk salah satu orang yang gemar mengoleksi kunci kamar dan tentunya saya tanya pada pihak hotel, apakah boleh dan free, karena beda hotel beda kebijakan,” tegasnya.

Nah wajib untuk dicatat, terdapat lima barang penting secara umum boleh dibawa pulang, di antaranya:

1. Sandal Hotel
Sandal hotel biasanya disediakan di masing-masing kamar hotel. Terbuat dari bahan karet, sandal hotel boleh dibawa pulang. Tergantung dari jumlah tamu yang menginap di kamar tersebut, namun biasanya sandal hanya disediakan maksimal 2 pasang.

2. Odol
Odol yang disediakan biasanya odol kecil dengan label hotel. Biasanya memang sengaja dipersiapkan untuk menginap 1 hari dan akan diberikan lagi persediaan yang baru jika akan memperpanjang lama menginap.

3. Sikat Gigi
Sama dengan odol, biasanya disediakan 1 hingga 2 sikat gigi yang sengaja diletakkan di kamar mandi hotel.

4. Sabun Mandi dan Sampo
Sesuai kelasnya, tiap hotel menyediakan sabun dan sampo untuk tamu. Terkadang masih ada hotel yang menyiapkan sabun batangan namun ada juga yang sudah menyiapkan sabun cair begitu juga sampo yang dikemas dalam botol-botol kecil.

5. Penutup Kepala
Penutup kepala atau shower cap saat mandi juga boleh dibawa pulang. Fungsinya agar rambut tidak basah saat mandi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads