alexametrics

Sensasi Ratusan Anak Tangga di Air Terjun Dolo Gunung Wilis Kediri

29 Januari 2022, 16:48:34 WIB

Lereng Gunung Wilis di Kabupaten Kediri memiliki sejumlah objek wisata yang mampu memacu adrenalin dan menguras energi para traveler. Salah satu yang sedang naik daun adalah Air Terjun Dolo.

SALAH satu simbol dunia pariwisata di Kabupaten Kediri adalah Gunung Kelud. Suguhan keindahan alam khas pegunungan menjadi magnet wisatawan untuk datang ke sana.

Namun, kini ada destinasi unggulan lain yang juga menawarkan sajian wisata bernuansa dataran tinggi. Yakni, Air Terjun Dolo yang terletak di kawasan Gunung Wilis. Tepatnya masuk wilayah Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Objek wisata itu mulai mampu menarik wisatawan. Selain kesegaran dan keindahan khas area pegunungan, aksesnya juga cukup mudah dijangkau. Jaraknya tak begitu jauh dari pusat kota. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada dua jalur yang bisa dipilih untuk mencapai air terjun di ketinggian 1.800 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut. Pertama, melalui Jalan Argowilis di Kecamatan Semen. Jalur itu menjadi favorit wisatawan. Sebab, rute yang dilewati relatif landai. Jalannya tak terlalu menanjak. Jalur berikutnya adalah jalanan di wilayah Kecamatan Mojo. Jalannya lebih sempit dan menanjak.

Namun, dua jalur itu sama-sama menawarkan sensasi pemandangan yang menyegarkan mata. Sebab, sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan punggung gunung yang penuh pepohonan.

Setelah sampai, para traveler diajak untuk berkeringat dulu menuju Air Terjun Dolo. Sebab, untuk menikmati keindahan air terjun, pengunjung harus turun melalui tangga yang mencapai ratusan. Sepanjang kiri kanan anak tangga, ada pepohonan yang lebat.

Namun, perjuangan para wisatawan langsung terbayar begitu sampai di lokasi. Pemandangan eksotis bakal menjadi sajian utamanya. Air terjun setinggi 125 meter yang sangat jernih akan menggoda hati.

Kasi Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Zainal Arifin menyatakan, Air Terjun Dolo memiliki keunikan tersendiri. ”Airnya sangat jernih dan dingin. Juga dipercaya memiliki khasiat khusus bagi mereka yang datang,” jelasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ara/fud/c14/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads