alexametrics

Waktunya Berlibur! Ikuti 9 Tips Antisipasi Kemacetan saat Liburan

26 Desember 2018, 15:17:06 WIB

JawaPos.com – Liburan akhir tahun memang waktu yang tepat untuk mengajak keluarga ke tempat-tempat wisata. Bahkan beberapa orang yang sudah mempersiapkan tiket akomodasi dan perencanaan yang matang sejak beberapa bulan sebelumnya. Tentunya saat libur panjang membuat kendaraan tumpah ruah di jalan.

Kemacetan bisa membuat mood liburan menjadi berubah kesal. Apalagi ketika anak-anak rewel di jalam membuat bunda panik. Dari sudut kesehatan, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, memberikan tips menghadapi kemacetan saat liburan yang juga diulas dalam aplikasinya Apa Kata Dokter.

“Kemacetan dalam masa long weekend seperti libur panjang Maulid dan Natal serta tahun baru tidak bisa dicegah oleh karena itu berbagai antisipasi harus dilakukan agar perjalanan di tengah kemacetan dapat dilakukan secara nyaman,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

perayaan tahun baru 2019, persiapan tahun baru, tips liburan, tips atasi kemacetan,
Akan lebih nyaman jika ada seseorang yang bisa bergantian menyetir saat macet panjang. (Istimewa)

Dari pengalaman mengalami kemacetan ini ada beberapa tips mengantisipasi kemacetan di tengah jalan, di antaranya,

Prima sebelum Berangkat

Istirahat cukup sebelum berangkat terutama bagi masyarakat yang menggunakan jalan darat dengan kendaraan bermotor, mengingat waktu sampai ke tempat tujuan tidak bisa diprediksi.

Siapkan Sopir Cadangan

Bagi masyarakat yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

Relaksasi di Rest Area

Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olahraga ringan dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan, dan leher.

Jangan Tunda Buang Air

Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang bisa mengakibatkan infeksi saluran kencing.

Awas Jajan Sembarangan

Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan, mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan debu dan panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan (handmade).

Pilih Bekal Praktis

Bagi masyarakat yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan usahakan membawa makanan kering, jika tetap juga ingin membawa bekal makanan selama perjalanan harus diperhatikan bahwa makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan.

Obat-obatan

Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah di tengah jalan.

Malam Hari Lebih Baik

Perjalanan pada malam hari merupakan pilihan yang tepat mengingat suhu udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lengang.

Gadget

Semua battery gadget sudah terisi penuh, jangan lupa membawa powerbank dan kabel USB penghubung untuk mengisi daya gadget dari kendaraan kita.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ika/ce1/JPC)



Close Ads
Waktunya Berlibur! Ikuti 9 Tips Antisipasi Kemacetan saat Liburan