alexametrics

6 Tips Liburan Aman dan Nyaman Bersama Anak

25 November 2021, 10:34:10 WIB

JawaPos.com – Berlibur bersama keluarga adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi bagi anak-anak yang sedang senang melakukan eksplorasi di dunia luar. Namun, kegiatan ini perlu dipersiapkan dengan baik agar berjalan lancar, aman, dan menyenangkan.

Pada masa pandemi, salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah transportasi menuju destinasi wisata. Anda dapat memilih Xtrans sebagai solusi perjalanan yang tepat karena menawarkan layanan dan fasilitas lengkap.

Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui lebih banyak mengenai tips liburan aman dengan anak:

 

1. Tentukan Destinasi Tepat

Jika Anda ingin mengajak anak untuk berlibur, pastikan destinasi wisata yang dipilih sudah tepat. Tidak semua tempat wisata aman dan cocok bagi anak. Bahkan, anak-anak bisa saja tidak tertarik dengan kegiatan ini jika tempat yang dituju membosankan bagi mereka.

Salah satu kriteria destinasi yang tepat adalah menawarkan wahana-wahana bermain yang asyik dan bisa digunakan oleh anak. Selain itu, wahana ini juga sebaiknya bersifat minim risiko. Agar lebih aman berlibur pada masa pandemi, pilihlah destinasi yang tidak terlalu ramai atau padat.

 

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Saat berlibur, anak-anak wajib mengenakan pakaian yang nyaman. Dengan demikian, mereka dapat bebas bergerak dan bersenang-senang di sekitar area wisata. Pakaian yang tidak nyaman bisa membuat anak rewel karena gerah atau justru kedinginan. Sangat penting untuk menyesuaikannya dengan kondisi tempat yang dituju.

Demi alasan keamanan, anak-anak juga sebaiknya mengenakan pakaian yang berwarna terang atau mencolok. Hal ini untuk memudahkan orang tua mencari anak jika hilang dari pandangan. Namun, selalu mengawasi anak saat berada di tengah keramaian merupakan hal yang utama.

 

3. Persiapkan Kebutuhan

Ada banyak risiko yang bisa saja terjadi ketika berlibur, terutama bersama anak-anak. Orang tua harus melakukan persiapan ekstra agar kebutuhan anak tercukupi selama liburan. Sebagai contoh, selalu mempersiapkan camilan yang disukai anak. Selain tidak repot mencari di tempat wisata, camilan ini juga lebih sehat dan aman.

Kebutuhan lain misalnya berkaitan dengan kebersihan. Bawalah benda seperti masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan alat kebersihan pribadi. Jika dibutuhkan, bawa juga perlengkapan makan yang bersih dan bisa langsung digunakan.

 

4. Berangkat Saat Low Season

Salah satu alasan berangkat liburan pada saat low season adalah untuk menghindari kepadatan. Pada high season atau masa liburan, tempat wisata biasanya sangat ramai. Pada kondisi seperti ini, akan sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu, anak tidak akan nyaman mengeksplorasi wahana karena harus mengantre panjang.

Pada low season, keuntungan lain yang Anda peroleh adalah harga tiket yang biasanya lebih murah. Namun, pastikan Anda telah mengatur jadwal liburan dengan baik, yang tidak berbenturan dengan kewajiban kerja maupun sekolah anak.

 

5. Persiapkan Panduan Keamanan

Agar liburan bersama anak berjalan dengan aman dan nyaman, anggota keluarga harus memiliki dan menjalankan aturan-aturan yang dibuat bersama. Aturan ini berfungsi sebagai panduan untuk menjaga keamanan bersama selama berlibur. Dengan menyepakati hal ini, tiap orang tahu harus melakukan apa jika terjadi keadaan darurat.

Panduan keamanan tersebut berguna antara lain ketika anak hilang atau secara tidak sengaja terpisah dengan orang tua. Sebelumnya, orang tua perlu membekali anak dengan informasi penting seperti nama orang tua dan nomor yang bisa dihubungi. Anak bisa diminta untuk mengingat informasi tersebut atau orang tua bisa menyertakannya di tas anak.

Panduan lain misalnya ketika terjadi musibah, ada nomor kontak yang bisa dihubungi dengan cepat. Jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, orang tua atau anak bisa menghubungi pihak tersebut sehingga musibah bisa segera ditangani.

 

6. Pilih Transportasi yang Sesuai

Memilih jenis transportasi yang digunakan juga sangat penting, apalagi jika Anda tidak berencana menggunakan kendaraan pribadi. Jenis transportasi yang tepat untuk mengajak anak berlibur harus nyaman sekaligus menyenangkan. Salah satunya, menggunakan layanan shuttle travel Xtrans.

Berangkat ke destinasi wisata dengan Xtrans lebih praktis karena efisien dari segi waktu, tidak terlalu ramai seperti transportasi umum lain, serta memiliki suasana nyaman hampir seperti kendaraan pribadi.

Nah, untuk menggunakan transportasi ini, Anda terlebih dahulu bisa memesan tiket travel tersebut di Traveloka. Jangan lupa saksikan pula live streaming Traveloka NgeBasreng yang hadir rutin setiap bulannya untuk mendapatkan promo kupon spesial.

Karena menggunakan sistem pool to pool, Anda bisa memulai perjalanan dari titik keberangkatan shuttle travel terdekat dengan rumah atau lokasi asal. Kemudian, pilihlah titik tiba yang memudahkan Anda menjangkau tempat wisata di daerah tujuan. Selain praktis, bepergian dengan shuttle travel Xtrans lebih aman karena menggunakan armada berkualitas dan terjaga.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai petualangan menyenangkan bersama si kecil dan nikmati momen kebersamaan dengan keluarga.

Editor : Banu Adikara

Reporter : ARM




Close Ads