alexametrics

Dataran Tinggi, Sungai, dan Wisata Adrenalin di Puthuk Kreweng

25 September 2021, 16:48:33 WIB

Makin banyak desa wisata yang bermunculan di Jatim. Fenomena itu tak terlepas dari semangat besar pemerintah desa bersama warga untuk mengembangkan potensi di wilayahnya. Objek wisata Puthuk Kreweng di Bojonegoro jadi contoh terbaru.

SINAR matahari di kawasan Puthuk Kreweng memang begitu terasa di kulit pada Kamis (23/9). Meski begitu, hawa di area objek wisata yang terletak di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, tersebut tetap begitu segar.

Wajar, kawasan itu masih cukup alami. Deretan pohon membuat kawasan tersebut begitu rindang. Panorama alamnya juga menyejukkan mata. Area perbukitan dipadukan dengan sungai yang melintas tepat di bawah bukit.

Pemandangan di kawasan itu makin menarik setelah ditata dengan cukup apik oleh warga desa setempat. Ya, keindahan alam di Puthuk Kreweng membuat warga menjadikannya sebagai objek wisata.

Penataan kawasan wisata tersebut cukup rapi. Sebuah tulisan ’’Puthuk Kreweng’’ berwarna oranye terpasang rapi di pintu masuk yang sudah dihiasi taman. Spot itu sangat cocok dipakai untuk berswafoto karena berhadapan langsung dengan hamparan alam.

Kawasan wisata tersebut dibagi menjadi empat tingkat. Dihubungkan dengan deretan anak tangga. Setiap tingkat terdapat sejumlah gazebo yang bisa dipakai pengunjung untuk beristirahat. Tentu saja sambil menikmati pemandangan alam.

Ervina Charisma, salah seorang pengunjung, mengaku sudah empat kali berwisata ke Puthuk Kreweng. Kali pertama dia datang, wisata itu masih dibangun. Dalam perkembangannya, wajah objek wisata tersebut makin cantik dan komplet. Cocok jadi tempat bersantai yang nyaman, khususnya ketika pagi atau sore. ’’Ada area untuk latihan trail. Biasanya, pas Minggu digunakan latihan bersama. Juga ada pendapa untuk ibu-ibu latihan senam,’’ jelasnya.

Ervina mengaku selalu menyempatkan diri untuk berfoto saat berwisata ke Puthuk Kreweng. Sebab, banyak spot foto menarik yang tersedia. ’’Refreshing, saat sore enak suasananya,’’ ungkap perempuan asal Desa Jelu, Kecamatan Ngasem, itu.

Destinasi wisata tersebut memang belum lama dibuka untuk umum. Setelah melalui serangkaian tahap pembangunan yang diinisiatori warga Desa Mojodelik. ’’Pengembangan Puthuk Kreweng terus dilakukan. Agar beberapa tahun ke depan makin rindang dan sejuk,’’ kata Kepala Desa Mojodelik Yuntik Rahayu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : irv/c12/ris

Saksikan video menarik berikut ini: