alexametrics

Sajian Nuansa Kebun Belimbing di Bantaran Bengawan Solo, Bojonegoro

24 Juli 2021, 17:48:43 WIB

Selain dikenal sebagai salah satu lumbung pangan dan sumber energi nasional, Bojonegoro mulai dikenal akan agrowisatanya. Di sana, ada sejumlah destinasi yang menawarkan potensi alam dan keanekaragaman pangan. Salah satunya, Agrowisata Kebun Belimbing.

PERTENGAHAN pekan lalu, Jawa Pos Radar Bojonegoro berkunjung ke sana. Untuk sementara objek wisata itu ditutup. Imbas PPKM darurat.

Tidak sulit untuk mengunjungi objek yang terletak di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, tersebut. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota atau sekitar 20 menit berkendara.

Agrowisata yang satu itu terletak di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo dan dekat dengan bendungan gerak. Karena itu, tak heran jika nuansa alam benar-benar tersaji di sana.

Sebagaimana namanya, salah satu sajian utama destinasi yang satu ini adalah pohon dan buah belimbing. Karena itu, begitu melintasi gerbang masuk, pandangan para wisawatan langsung dimanjakan dengan ribuan pohon belimbing yang sudah berbuah dan siap untuk dipetik. Rimbunnya pepohonan membuat hawa di sana begitu sejuk dan menyegarkan. Wisatawan bisa mengelilingi area kebun sampai mblenger (puas maksimal). Maklum, kebun mencapai mencapai 20,4 hektare.

Tak hanya sekadar menyaksikan, para pengunjung merasakan sensasi wisata petik belimbing. Menikmati buah berbentuk bintang tersebut dari pohonnya secara langsung. Tentu saja, kesegarannya tak usah ditanyakan lagi.

Namun, jika enggan untuk memetik sendiri, wisatawan bisa membeli belimbing yang sudah dipetik petani. Soal harga, tidak perlu khawatir. Sangat bersahabat bagi kantong.

”Saat agrowisata beroperasi, mereka (petani, Red) biasanya berjejer rapi di jalan-jalan yang dilintasi pengunjung,” kata Ketua Agrowisata Kebun Belimbing Prio sulistio.

Pengujung tidak perlu khawatir buah belimbing bakal habis meski dipetik berkali-kali. Sebab, jumlah pohon di objek tersebut begitu banyak. Mencapai 9 ribu pohon. Satu pohon rata-rata bisa menghasilkan buah hingga 30 kilogram.

Tak hanya sajian wisata buah, Agrowisata Belimbing juga layak jadi objek bertamasya. Termasuk, bagi mereka yang berkunjung bersama putra-putrinya. Sebab, aneka wahana sudah tersedia di sana. Mulai paint ball, ayunan, rumah pohon, dan taman bermain anak yang cukup representatif.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : luk/c13/ris

Saksikan video menarik berikut ini: