alexametrics

Tak Perlu Khawatir Sendirian ke Malang, Ini Tipsnya

22 Desember 2018, 08:39:25 WIB

JawaPos.com – Bagi sebagian orang, bepergian sendiri mungkin terasa aneh, apalagi jika ia adalah seorang wanita. Namun, zaman sudah berubah, perangkat teknologi pun semakin canggih. Berkelana sendirian ke berbagai tempat bukan lagi hal yang mengkhawatirkan atau menakutkan. Bahkan, momen traveling sendiri ini pun bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan refleksi.

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi sendiri adalah Malang. Ya, selain memiliki sejumlah objek wisata yang menarik, Malang juga merupakan daerah dingin yang eksotis. Panorama alamnya yang hijau dan menyegarkan pasti akan membuat siapa pun jatuh cinta.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk berkelana sendiri ke Malang dalam waktu dekat, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan. 

Persiapan adalah hal yang sangat penting

Anda tentu harus tahu cukup banyak tentang daerah yang akan dikunjungi untuk meminimalkan risiko yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, jika ingin berkunjung ke Jatim Park, ketahui apa saja transportasi yang melintas di sana, apakah banyak warung atau restoran untuk mengisi perut saat lapar, bagaimana situasi pada malam hari, dan sebagainya.

Lebih baik merasa repot karena harus mengumpulkan banyak informasi sebelum berangkat daripada nekat dan akhirnya mengalami masalah yang tak diduga di tempat tujuan. Persiapkan juga segala keperluan, termasuk alat komunikasi yang memadai.

Bijaklah berinteraksi dengan orang lain

Ketika traveling sendiri, peran masyarakat lokal sangat penting. Mereka adalah sumber informasi yang sangat valid karena merekalah yang paling tahu daerah yang sedang Anda kunjungi. Namun, bukan tidak mungkin ada oknum-oknum tertentu yang berniat jahat sehingga memberikan informasi yang salah dan membahayakan.

Oleh karena itu, sangat penting membawa diri dalam bergaul dengan orang lain ketika bepergian sendirian, khususnya bagi wanita. Pekalah terhadap situasi atau gerak-gerik yang mencurigakan sehingga hal-hal buruk dapat dicegah.

Bekali diri dengan kemampuan membela diri

Anda tidak harus ahli bermain karate sebelum bepergian seorang diri ke Malang. Namun, setidaknya Anda tahu trik-trik dasar untuk membela diri ketika bahaya datang. Beberapa gerakan singkat yang mudah dilakukan tetapi berguna perlu Anda ketahui. 

Demikian pula cara-cara lain untuk membela diri dalam situasi darurat. Sebagai contoh, Anda perlu melatih fisik supaya bisa berlari lebih cepat jika berhadapan dengan orang jahat. Menyiapkan diri dengan perlengkapan khusus juga bisa dipikirkan sebagai bentuk pencegahan.

Ada nomor telepon darurat yang bisa dihubungi

Ketika bepergian seorang diri ke Malang, Anda perlu memberitahu rencana tersebut kepada kerabat atau keluarga. Seorang di antara anggota keluarga harus bisa dihubungi sewaktu-waktu. Anda pun perlu memasukkan nomor telepon orang tersebut di panggilan cepat di ponsel Anda. Jika ada hal-hal yang mengkhawatirkan, sangat penting bagi Anda untuk selalu mengabarkan sesegera mungkin.

Jangan khawatir, nikmati perjalanan

Bepergian sendiri bisa bermanfaat untuk melatih karakter Anda. Berhati-hati dan waspada boleh, tetapi Anda juga perlu menikmati perjalanan wisata tersebut. Jangan sampai, karena terlalu banyak memikirkan risiko yang mungkin terjadi, Anda justru kehilangan momen-momen terbaik di Malang.

Nah, inilah beberapa tips backpacker yang bisa Anda terapkan ketika berkunjung ke Malang. Jika sudah memutuskan untuk berangkat, segera pesan tiket pesawat Sriwijaya Air ke Malang di melalui Airy. Di sini, Anda akan mendapatkan harga tiket terbaik sehingga biaya perjalanan semakin hemat dan efektif.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (srs/JPC)

Tak Perlu Khawatir Sendirian ke Malang, Ini Tipsnya