5 Rekomendasi Kuliner Khas Kota Batu Yang Selalu Diburu Wisatawan

19 Januari 2023, 09:18:07 WIB

JawaPos.com – Di Kota Batu, Jawa Timur, bukan hanya tempat wisata saja yang digemari. Tetapi juga kulinernya. Termasuk, makanan pinggir jalan Kota Batu yang banyak ditemukan di alun-alunnya. Bukan hanya makanan berat yang dijual di pinggir jalan Kota Batu ini, makanan ringan dan minuman juga tersedia. Jajan ini bisa dikatakan punya harga yang cukup terjangkau. Berikut ini rekomendasi kuliner di alun-alun Batu.

1. Lok Lok Satay Batu Jawa Timur

Lok Lok Satay – (Instagram loklok.sataysragen)

Jika ingin menikmati kuliner di Batu yang enak dan murah, sepertinya anda harus datang ke Alun-alun Batu. Di sana, ada lok lok satay khas negeri jiran.

Kuliner ini terbuat dari olahan seafood, bukan seperti sate-sate pada umumnya yang menggunakan daging ikan ataupun ayam. Inilah yang menjadi keunikan dan banyak sekali pengunjung untuk mencicipi kuliner satu ini.

Harga untuk kuliner ini mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per tusuknya. Disajikan dengan aneka saus sambal untuk menambah kenikmatan saat menikmati lok lok satay ini.

Alamat: Wana Wisata Coban Rais Nomor 35 Oro-oro ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

 

2. Cilok Rempah Khas Batu Jawa Timur

Cilok. (Pegipegi)

Anda pasti tidak asing mendengar kuliner di pinggir jalan yang terbuat dari aci. Yakni, cilok. Kuliner satu ini tidak sama seperti cilok-cilok pada umumnya, salah satu yang khas adalah rasa dari rempah-rempah olahan untuk bumbu ciloknya.

Kuliner khas satu ini banyak dijumpai ketika berkunjung ke alun-alun Kota Batu. Hanya dengan Rp 5.000 saja, anda bisa menikmati cilok Khas Batu dengan beberapa varian seperti cilok rempah, cilok daging, hingga cilok jeletot.

 

3. Pos Ketan Khas Batu Jawa Timur

Pos Ketan – (Instagram posketanlegenda1967malang)

Kuliner khas Batu satu ini bisa dikatakan legenda. Sebab, pos ketan sudah ada sejak 1967. Dengan rasa yang enak dan tidak berubah dari zaman dulu, pembeli rela mengantri panjang untuk menikmati ketan ini.

Yang menjadi pembeda pada Kuliner khas ini dengan lainnya pada olahan ketan yang turun menurun. Selain itu, ketan ini punya banyak varian topping. Mulai dari keju, susu dan lainnya. Harga seporsi kuliner khas Batu ini mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 17.000

Alamat: Jalan Kartini Nomor 6, Ngaglik, Sisir, Kecamatan Batu, Jawa Timur

 

4. Sate Kelinci Khas Batu Jawa Timur

Sate Kelinci – (Instagram foodiesbackpacker)

Kuliner khas berikutnya yaitu Sate Kelinci. Di Kota Batu Jawa Timur anda pasti bisa menemukan banyak restoran atau kedai-kedai yang menyuguhkan menu sate kelinci. Sama dengan sate-sate pada umumnya, sate kelinci ini juga menggunakan bumbu kacang hingga nasi hangat untuk pendamping. Harga sate kelinci ini hampir setara dengan sate ayam dan juga sate kambing, hanya Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per porsi.

Alamat: Jalan Patimura Nomor 126, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur

5. Susu Murni Khas Batu Jawa Timur

Susu Murni Batu. (Novel Yahya via Google Photos)

Kuliner Khas Kota Batu Jawa Timur ini berupa minuman yang menyehatkan dengan sejuta manfaat. Yaitu susu murni. Penjualnya tidak jauh dari alun-alun Kota Batu.

Minuman susu murni ini dapat disajikan dalam keadaan hangat. Cocok untuk anda yang sedang merasakan dinginnya malam di Alun-alun Kota Batu. Meski demikian, bisa juga susu murni itu disajikan dingin. Harga susu murni ini mulai dari Rp 5.500 sampai Rp 49.000 seporsinya.

Alamat: KUD Batu, Jalan Diponegoro Nomor 8, Sisir, Kecamatan Batu, Jawa Timur

*Catatan: Harga yang tertera diatas hanyalah estimasi, dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan kafe atau restoran tersebut.

 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Isna Febby Sakinah



Close Ads