alexametrics

Airbnb Terapkan Kebijakan Anti-Diskriminasi, Begini Prosedurnya

18 April 2017, 05:00:48 WIB

JawaPos.com – Jaringan room-sharing Airbnb punya kebijakan baru. Kebijakan tersebut bertujuan untuk menghapuskan diskriminasi dalam prosedur Airbnb. Dan, semua host harus menyetujui kebijakan tersebut bila masih ingin bergabung atau ingin menggunakan jasa Airbnb.

Peraturan tersebut digagas setelah mereka menerima keluhan dari klien. Disebutkan kalau beberapa host menolak klien berdasarkan ras. Berdasar Refinery29, perusahaan yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, tersebut meminta pengguna untuk menyetujui Airbnb Community Commitment saat melakukan pemesanan via aplikasi Airbnb.

”Saya setuju untuk melayani semua orang di komunitas Airbnb –tanpa melihat ras, agama, asal negara, kebudayaan, disabilitas, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual, atau usia– dengan hormat dan tanpa penilaian atau bias,” tulis Airbnb dalam pernyataannya.

Pernyataan yang harus disetujui host tersebut diharapkan bisa membuat host tidak menolak klien berdasar rasa warna kulit, kebudayaan, asal negara, agama, orientasi seksual, identitas gender, atau status pernikahan.

”Jika Anda menolak untuk menyetujuinya, Anda tidak akan menjadi host atau melakukan booking Airbnb dan bakal ada pilihan untuk menghapuskan akun Anda,” tambah Airbnb dalam situsnya. ”Begitu akun dihapus, booking tidak bisa dilakukan. Tetapi, Anda masih bisa browsing Airbnb. Jika Anda siap menerima perjanjian tersebut, Anda bisa kembali lagi.”

Kebijakan ini memicu beragam komentar. Ada yang bertanya apakah mereka bisa menolak tamu yang merokok atau membawa binatang piaraan. Ada juga yang menyebutkan kalai Airbnb terlalu banyak aturan. Tidak sedikit juga yang mendukung kebijakan ini.(ajc/tia)

Editor : Dwi Shintia


Close Ads
Airbnb Terapkan Kebijakan Anti-Diskriminasi, Begini Prosedurnya