alexametrics

Libur Sekolah, Yuk ke Museum Geologi Bandung

16 Desember 2017, 19:36:36 WIB

JawaPos.com — Museum Geologi Bandung, sepertinya memang cocok buat tujuan liburan tapi juga untuk belajar masalah geologi. Hal itu terbukti setiap libur semester, museum yang berdiri tahun 1928 ini dipastikan bakal dipadati para pelajar mulai SD sampai SMA. 

Seperti pada hari Sabtu ini ( 16/12), ribuan pengunjung yang terdiri dari Pelajar, Mahasiswa, Masyarakat umum maupun wisatawan manca negara memadat i ruang peragaan Museum Geologi. Pengunjung melihat dan mempelajari benda-benda yang ada di Museum. Mereka dipandu pemandu Museum Geologi.

Rusmiati Guru SMPN 16 Tanggerang Selatan sekaligus koordinator Study Tour, hampir setiap tahun datang ke Museum Geologi. “Study Tour ke Museum Geologi sudah jadi agenda rutin dari sekolah. Setiap Desember  pasti ke sini” Katanya kepada JawaPos.com, Sabtu (16/12).

Museum Geologi Bandung
Pelajar memanfaatkan display touch screen untuk mengetahui berbagai macam jenis batuan (siti fatonah/jawapos.com)

Berbagai fasilitas lengkap membuat pengunjung tidak bosan untuk berkunjung ke Museum Geologi. Ada Ruang Peragaan, Ruang Dokumentasi, Auditorium, Ruang Edukasi, Souvernir Shop, Masjid dan lainnya.

Rusmiati membawa 360 siswa kelas 7 dengan  tujuh  Bus wisata. Menurutnya, Museum Geologi sangat Pas untuk siswa siswi dan fasilitasnya pun memadai. “Bagus untuk mempelajari sejarah, dan memahami seluk mineral bumi,” lanjutnya.

Tak hanya pelajar masyarakat umum dan wisatawan manca negara pun berkunjung. Wisatawan dari negara tetangga pun berkunjung ke Museum. Mak Ci sebutan akrabnya Warga Negara Malaysia sangat menikmati kunjungannya ke Museum Geologi. “saya pertama kali berlibur ke sini. Tempatnya bagus” jelas Mak Ci bersama 18 warga Malaysia lainnya.

Sementara itu Pelayanan Publik dan Humas Museum Geologi Bandung, Danang P Hadiputra mengatakan,  adanya peningkatan pengunjung saat musim liburan. Hari biasa bisa mencapai seribuan  pengunjung, kalau weekend dan hari libur mencapai 3.000-an per hari. ”Kami selalu siap untuk kunjungan itu,” katanya.

Menurut data dari Museum Geologi Bandung, jumlah pengunjung terhitung 1 – 15 Desember 2017 pukul 11.45 sebanyak 28.348 orang terdiri dari 26861 Pelajar/Mahasiswa, 1245 umum, dan 242 wisatawan Asing.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (ona/JPC)



Close Ads
Libur Sekolah, Yuk ke Museum Geologi Bandung