alexametrics

5 Tempat Belanja Asyik Saat Traveling ke Yogyakarta

16 Oktober 2019, 08:00:56 WIB

JawaPos.com – Bagi yang pernah traveling ke Yogyakarta, kota ini selalu dirindukan untuk kembali. Kota Gudeg ini merupakan destinasi favorit wisatawan karena potensi wisata yang beragam. Dari keindahan alamnya, kekayaan nilai budayanya, dan tentu destinasi wisata belanja yang murah namun berkualitas.

Ya, Yogyakarta bisa memuaskan hasrat berbelanja para wisatawan. Banyak wisata traveling ke kota ini dengan tujuan utama berbelanja. Tidak heran kawasan wisata belanja selalu ramai oleh para wisatawan.

Tidak hanya destinasi wisata belanja yang tradisional, pusat perbelanjaan modern di Yogyakarta juga layak untuk dikunjungi. Yogyakarta tumbuh memenuhi kebutuhan gaya hidup yang beragam bagi semua kalangan.

Berikut lima wisata belanja tradisional dan modern yang wajib masuk itinerary saat traveling ke Yogyakarta.

1. Pasar dan Mal Malioboro

Yogyakarta memang tidak lepas dengan Malioboro. Ruas jalan ikon Yogyakarta ini seakan-akan menjadi destinasi wajib bila berkunjung ke Yogyakarta. Di sini masyarakat Jogja berbaur dengan wisatawan dalam aktivitas jual beli selama 24 jam.

Berada di pusat kota Yogyakarta, sepanjang jalan Malioboro dipenuhi oleh jejeran toko dan pedagang kaki lima. Wisatawan dapat menemukan beragam barang di sini, dari batik, kaos, aksesoris seni, oleh-oleh, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya pasar, di kawasan Malioboro juga terdapat pusat perbelanjaan Mal Malioboro. Selain menjual barang-barang berkualitas dengan harga terjangkau, di sini juga sering diadakan pameran UKM. UKM tersebut menjual kerajinan dari kulit, perak, hingga kain batik.

2. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan destinasi wisata belanja yang dekat dengan Malioboro. Pasar tradisional ini sudah berdiri sejak 1758. Wajar saja, Pasar Beringharjo menjadi salah satu pusat ekonomi kota Yogyakarta. Pasar Beringharjo terkenal dengan batiknya. Berbagai varian batik, dari motif, bahan hingga cara pembuatan ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Pilih sesuai selera, atau untuk oleh- oleh juga bisa.

Meski terkenal dengan batiknya, di Pasar Beringharjo juga wisatawan dapat menemukan barang-barang lainnya. Dari barang-barang vintage, jajanan pasar khas Yogyakarta, hingga gadget lho.

3. Pasar Seni Gabusan

Bagi wisatawan yang mencari barang-barang dengan nilai seni dan budaya, Pasar Seni Gabusan wajib masuk ke dalam itinerary. Terdapat sekitar 400 pengrajin menjajakan kerajinan di tanah seluas empat hektar ini.

Barang-barang yang dijual seperi ukiran, guci, keris, batik kayu dan bambu, terakota, hingga kerajinan berbahan logam. Wisatawan dimudahkan saat berburu barang seni karena pengrajin sudah dikelompokan berdasarkan jenis produknnya di sini. Seru kan?

4. Jogja City Mall

Selain pasar tradisional, pusat perbelanjaan modern di Yogyakarta juga direkomendasikan untuk dikunjungi. Salah satunya Jogja City Mall atau JCM. Mall yang berada di Jl. Magelang ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan mal lainnya di Yogyakarta.

JCM memiliki arsitektur bangunan yang unik. Bangunan JCM dirancang seperti Romawi Kuno. Bangunan mal dihiasi pilar-pilar tiang menjulang yang megah. Uniknya, saat masuk ke dalam mal, wisatawan dimanjakan dengan perpaduan interior modern dengan budaya Jawa Kraton. Di JCM, wisatawan dapat menemukan tenant-tenant dengan berbagai pemuas kebutuhan, dari fashion, kuliner, hingga hiburan.

5. Hartono Lifestyle Mall

Selain JCM, Hartono Lifestyle Mall bisa menjadi pilihan destinasi wisata di Yogyakarta. Berada di Jl. Raya Ring Road Utara, Hartono Lifestyle Mall diklaim mal terbesar di Yogyakarta bahkan Jawa Tengah.

Wajar saja, terdapat sedikitnya 300 tenant di Hartono Lifestyle Mall. Tenant-tenant tersebut dibagi menjadi brand lokal, nasional dan internasional. Brand-brand terkemuka juga menjadi bagian daya tarik Hartono Lifestyle Mall.

Selain kelima tempat di atas, masih banyak lagi destinasi wisata spesifik yang bisa dikunjungi. Seperti pusat kerajinan kulit di Manding, kerajinan kayu di Desa Wisata Krebet, aksesoris perak di Kota Gede, dan masih banyak lainnya.

Agar mobilitas saat memuaskan hasrat belanja mudah, kamu bisa menggunakan jasa persewaan mobil di Jogja . Kini memesan mobil sewa di Yogyakarta lebih mudah dan hemat melalui situs atau aplikasi Traveloka. Temukan mitra sewa mobil terpercaya di Traveloka untuk menemani kamu berburu oleh-oleh di Yogyakarta.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads