alexametrics

2 Tempat Wisata Religi di Turki yang Wajib Dikunjungi

16 September 2019, 09:03:12 WIB

JawaPos.com – Wisatawan Indonesia ternyata memiliki negara-negara destinasi favorit untuk berwisata dengan konsep halal atau religi. Salah satunya di kawasan Asia, Timur Tengah, dan Eropa. Yup, tak jarang kini beberapa orang mengunjungi tempat wisata yang memiliki ikatan atau nilai kuat dengan kepercayaannya. Sehingga tak hanya sekadar menikmati suasana negaranya, tapi juga bisa kaya akan pengetahuan.

“Tren wisata halal dan wisata religi saat ini semakin diminati. Negara paling favorit masih di Asia. Atau ada juga yang melakukan wisata usai umrah, langsung mengunjungi Turki,” kata CEO PT Hilal Amanah Qolbu (Haqtour) Nasrullah kepada JawaPos.com di Jakarta, Minggu (15/9).

Selain itu, umat muslim saat ini semakin menyadari pentingnya jaminan label halal selama berwisata. Hal paling utama adalah makanan yang dikonsumsi selama berwisata. Sehingga ketika traveling, kaum muslim merasa nyaman dan tak cemas dalam mengonsumsi makanan.  Sebab banyak traveler muslim kesulitan dan kurang yakin ketika masuk ke resto tertentu di negara lain.

Lalu ke mana saja sih, destinasi favorit masyarakat muslim Indonesia ketika terbang berwisata religi ke Turki?

Turki adalah negara mayoritas muslim yang kaya nilai sejarah kejayaan islam yang menarik dikunjungi. Biasanya Turki menjadi negara yang dikunjungi berbarengan dengan umrah. Setidaknya ada 3 lokasi paling banyak dikunjungi saat berwisata ke Istanbul, Turki, di antaranya:

1. Museum Hagia Sophia

Bangunan ini dulunya adalah sebuah gereja ortodox yang kemudian diubah menjadi masjid saat kota ini jatuh ke tangan kekaisaran Ottoman (Ustmani). Hagia Sophia saat ini dijadikan sebagai museum setelah sebelumnya sempat ditutup dan berhenti beroperasi sebagai masjid. Hagia Sophia menyimpan banyak ukiran dan lukisan bekas gereja dan masjid yang indah dan bersatu dalam satu bangunan. Ada pula tersimpan pedang dan beberapa peninggalan zaman Nabi Muhammad.

2. Blue Mosque

Masjid Biru menjadi masjid utama di kota Istanbul setelah Hagia Sophia diubah menjadi museum. Masjid ini terlihat mirip Hagia Sophia. Masjid yang memiliki gaya arsitektur islam dan klasik ottoman ini dihiasi oleh 20.000 keramik bernuansa biru pada setiap dindingnya. Masjid ini juga memiliki halaman yang luas dengan taman-taman bunga.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads