alexametrics

Wisata Alam Air Hitam Dermaga Kereng Bangkirai, Palangka Raya

16 Juli 2022, 16:48:28 WIB

Dulunya, destinasi ini adalah dermaga bongkar muat barang dan orang sebelum akhirnya mati suri. Berkat ide dan kreativitas warga setempat, kawasan tersebut berubah menjadi objek wisata unggulan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu.

TIDAK sulit menuju objek wisata di wilayah Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau, tersebut. Para wisatawan hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Palangka Raya.

Fasilitas di destinasi itu juga sangat komplet. Aksesnya bisa dilalui kendaraan pribadi. Lahan parkirnya juga luas dan tertata. Membuat pengunjung yang datang tidak akan kesulitan. Termasuk yang membawa rombongan.

Soal ”menu” yang bisa dinikmati di objek wisata tersebut, tidak usah ditanya lagi. Pokoknya ciamik. Pengunjung bakal disuguhi keindahan pemandangan air hitam perairan Sungai Sabangau tersebut.

Pemandangan air hitam itu juga bisa dinikmati pengunjung sambil beristirahat di tribun atau gazebo yang disediakan di sana. Apalagi saat sore. Suasana senja menjadi suguhan tambahan yang sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya itu, para traveler juga bisa merasakan sensasi menyusuri Sungai Sabangau yang tenang dan berwarna hitam. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kereng Bangkirai selaku pengelola destinasi tersebut menyediakan sejumlah fasilitas transportasi air seperti getek, bebek mesin, hingga pondok terapung.

”Atau, pengunjung bisa juga mengendarai sepeda bebek air,” kata Ketua Pokdarwis Kereng Bangkirai Sabran M. Usin.

Selain itu, dengan menggunakan kapal getek, pengunjung bisa bablas ke Wisata Batu Ampar dan kawasan Taman Nasional Sebangau. Sebab, Dermaga Kereng Bangkirai menjadi gerbang utama menuju objek-objek wisata tersebut.

Para wisatawan yang suka selfie atau berfoto-foto juga jangan khawatir. Di sana, ada sejumlah spot yang begitu menarik dan Instagrammable. Semuanya tertata secara apik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hfz/JJMN/c12/ris

Saksikan video menarik berikut ini: