alexametrics

Turis Indonesia Terbanyak di Singapura

15 Juni 2022, 09:29:02 WIB

JawaPos.com – Industri pariwisata global perlahan mulai pulih. Kondisi itu terlihat dari kunjungan wisata ke Singapura. Negara tersebut sudah mencatat kenaikan pesat meski masih jauh dari kondisi prapandemi.

Area Director Indonesia (Surabaya) International Group Singapore Tourism Board Lim Si Ting menyebutkan, kedatangan turis asing di negaranya pada periode Januari–April 2022 sudah mencapai 540 ribu wisatawan mancanegara (wisman). ’’Angka itu jauh lebih baik jika dibandingkan pada 2021 yang hanya 330 ribu wisman,’’ ujarnya saat mengunjungi kantor Jawa Pos di Surabaya kemarin (14/6).

Dalam pertumbuhan tersebut, Indonesia diakui menjadi faktor penentu. Tahun ini wisatawan asal RI menjadi kontributor terbesar total turis asing. Kemudian, disusul wisman asal India dan Malaysia.

Sumbangan Indonesia itu menggeser posisi Tiongkok. Sebelum pandemi, turis asal Negeri Panda merupakan yang terbanyak. ’’Saat ini turis dari Tiongkok belum muncul karena memang pemerintah di sana belum melonggarkan aturan penanggulangan Covid-19,’’ jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, pemulihan pariwisata di Singapura memang masih jauh dari ideal. Pada 2019, jumlah wisatawan mancanegara mencapai 19,1 juta orang. Untuk mencapai kembali kondisi tersebut, dibutuhkan waktu bertahun-tahun. Apalagi, rute penerbangan yang masih terbatas masih menjadi faktor penghambat.

’’Tapi, kami akan membuat hal baru. Karena itu, kami terus berinovasi agar bisa tetap menjadi tujuan wisata favorit,’’ tuturnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (bil/c14/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads