alexametrics

Bikin Gemas, Isi Liburan dengan Memberi Makan Si Red Panda

13 Juni 2019, 18:27:48 WIB

JawaPos.com – Tak bisa dipungkiri kalau tingkah hewan panda selalu bikin gemas. Termasuk jenis red panda yang memiliki bulu berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. Lalu, adakah cara untuk bermain aman dengan red panda?

Nah, bagi Anda yang penasaran, tak ada salahnya berinteraksi dengan cara memberi mereka makan. Seperti yang dilakukan di Taman Safari Indonesia. Eits, tapi ingat ya, red panda bukanlah hewan peliharaan jadi tidak boleh sembarangan dipeluk atau dicium ketika berinteraksi.

Menurut keeper atau penjaga red panda Taman Safari Indonesia, Cacih Lidianingsih, hewan yang memiliki nama ilmiah Ailurus fulgens termasuk dalam golongan wild animals. Selain itu, dengan tidak menyentuh red panda, Anda juga ikut menjaga kesehatan hewan yang juga dikenal sebagai rubah api itu.

“Terkait sterilnya dari red panda,” ujar Cacih.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memberi makan red panda?

Sebelum masuk ke lokasi red panda, Anda perlu membersihkan telapak tangan dan alas kaki. Dengan cairan khusus untuk mensterilkan. Sehingga, lingkungan lokasi red panda terhindar dari bahaya bakteri atau hal lain yang membahayakan.

Pengunjung sedang memberi makan red panda. (Hanung/Jawa Pos)

Gisel Selia, 31, salah seorang pengunjung Taman Safari Indonesia yang mengikuti feeding to red panda mengaku, dirinya sempat gemetaran. Ada rasa ketakutan dicakar.

“Tapi gemes. Penasaran pengen duduk lebih dekat sama mereka,” katanya.

Dia datang dari Jakarta. Tujuan utamanya yakni melihat giant panda. Namun, saat asyik berputar di lokasi giant panda ada feeding to red panda.

Ibu dengan dua anak itu berpikir jika red panda adalah musang. Ternyata, salah. “Aku lihat dari atas, waktu keliling lihat giant panda, seperti rubah. Dan, itu red panda. Panda merah, pengen punya di rumah,” ujarnya, lalu tertawa.

Mengenal Kebiasaan Red Panda

Meski sama-sama bernama panda, bobot hewan lucu ini tidak sebesar kerabatnya giant panda. Berat red panda bisa mencapai 10 kg. Namun, ada standar berat badan ideal. Cacih mengatakan, untuk kepentingan kesehatan, red panda tidak boleh memiliki berat lebih dari 8 kg.

“Dulu pernah ada sampai 10 kg. Akhirnya nggak bisa beraktivitas dengan bebas,” jelas perempuan kelahiran Bogor, Jawa Barat itu.

Saat merasa terancam, red panda akan melarikan diri dengan cara memanjat batu atau pohon. Lantas, apabila hal itu tidak berhasil membuat musuh tak kabur, red panda melakukan cara lain. Yakni, berdiri lalu mengepalkan tangannya.

Di Tiongkok bagian barat daya, red panda sering diburu. Karena bulu di tubuh hingga ekornya bernilai sangat tinggi. Biasanya, bulu dan ekornya akan digunakan topi.

Telapak kaki red panda ditutupi oleh bulu berwarna putih. Bulu tersebut berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta berjalan di atas permukaan salju. Red panda sendiri banyak ditemukan di Asia Tengah.

“Spesies red panda bisa ditemui di hutan penggunungan Himalaya, Bhutan, Tiongkok, India, Laos, Myanmar, dan Nepal,” tuturnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Dimas Nur Aprianto



Close Ads