alexametrics

Rammang-rammang Jadi Daya Tarik Wisatawan Eropa

12 September 2019, 16:49:34 WIB

JawaPos.com – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulawesi Selatan (Sulsel) kian meningkat. Objek wisata Rammang-rammang yang berlokasi di Maros jadi destinasi paling favorit.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Yos Rusdiansyah mengatakan, meski volume penumpang via angkutan udara cenderung turun, namun kunjungan wisman ke Sulsel justru meningkat. Peningkatannya pun sangat drastis, di atas 100 persen, untuk wisman asal Eropa.

“Mereka sudah melirik Sulsel. Eropa sudah mulai menunjukkan tanda-tanda Sulsel sebagai salah satu destinasi tujuan wisatawan mereka,” katanya sebagaimana dikutip dari FAJAR (Jawa Pos Group), Kamis (12/9).

Salah satu destinasi unggulan Sulsel yang jadi daya tarik wisman Eropa, menurutnya, adalah Rammang-rammang di Maros. “Di sana punya daya tarik tersendiri untuk wisman Eropa. Destinasi alamnya sangat bagus,” ungkapnya.

Dari data BPS menunjukkan kunjungan wisman ke Sulsel pada Juli 2019 mencapai 1.478. Angka tersebut Naik 5,72 persen dari bulan lalu. Sementara wisman favorit yang berkunjung adalah dari Malaysia, Prancis, Jerman, Switzerland, dan Tiongkok.

Meski Malaysia masih tertinggi tetapi trennya cenderung menurun. Berbeda dengan wisman Eropa yang terus meningkat. “Mungkin ada tempat destinasi yang baru yang menarik buat mereka,” jelasnya.

Selain destinasi, harga yang relatif stabil juga membuat wisman berkunjung tidak mengalami gejolak. “Karena kalau di transportasi internasional kan relatif harganya tidak terlalu naik jadi banyak kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Meningkatnya kunjungan wisman ini juga berimplikasi pada tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang. Peningkatannya mencapai angka 54,85 persen atau naik 11.52 persen (M-to-M).

Terpisah, Ketua Asita Sulsel Didi L Manaba mengatakan, spot rammang-rammang di Maros memang jadi salah daya tarik tersendiri. Baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kalau angka statistik menunjukkan banyak yang ke sana, artinya itu harus menjadi pelecut bagi stakeholder pariwisata untuk menyiapkan infrastruktur,” terangnya.

Editor : Fadhil Al Birra



Close Ads