alexametrics

Mengunjungi Air Terjun Tretes Setinggi 158 Meter di Pengajaran Jombang

11 Juli 2021, 13:48:21 WIB

Kecamatan Wonosalam tak hanya terkenal akan aneka duriannya yang khas. Wilayah berdataran tinggi yang terletak di Kabupaten Jombang itu juga punya sejumlah destinasi wisata. Salah satunya, Air Terjun Tretes di Dusun Pengajaran.

NAMA kecamatan yang berada di wilayah perbatasan Jombang–Kediri itu begitu terkenal. Dataran tingginya menghasilkan begitu banyak kekayaan alam. Aneka buah-buahan unggulan ada di sana, wa bil khusus, durian. Bahkan, di sana, terdapat satu event tahunan yang jadi magnet. Yakni, Kenduren Durian (namun untuk sementara dihentikan akibat pandemi).

Ragam destinasi juga ada di Wonosalam. Mulai sejumlah wahana yang menyajikan wisata alam maupun untuk outbound hingga ragam wisata kulinernya yang begitu khas.

Tak hanya itu, Wonosalam juga disebut sebagai salah satu ’’surganya’’ para pencinta wisata alam. Banyak sekali wisata alam yang menyajikan keasrian dengan paduan udara sejuk. Di antaranya, Air Terjun Tretes.

Air terjun yang terletak di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, tersebut memiliki pesona. Selain menyajikan butir-butir air putih yang murni, air terjun limpahan dari hulu Sungai Sumber Watu Bonakah tersebut sangat dingin dan segar. Pengunjung akan merasa betah saat berendam di dalam kolam di air terjun. Spot-spot foto yang disajikan di objek wisata itu juga Instagrammable.

Tak salah jika banyak pemcinta alam yang datang ke sana. Sebab, tantangannya lumayan. Untuk menuju lokasi Air Terjun Tretes, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer (km) dari pusat Kota Jombang.

Sementara itu, untuk menuju Air Terjun Tretes dari titik pemberhentian terakhir, yakni Dusun Pengajaran, wisatawan kembali harus menempuh jarak sepanjang 3,5 kilometer melalui jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Meski begitu, rasa lelah yang menguras tenaga sepanjang perjalanan bakal sirna saat tiba di lokasi air terjun. Udara sejuk ditambah percikan air terjun yang membasahi wajah membuat rasa pegal hilang seketika.

Ditambah lagi, rasa kagum terhadap eloknya pemandangan di sekitar air terjun bakal membuat hati terasa adem. ”Memang indah sekali air terjunnya,’’ ujar Fitriana, 27, warga Sambongdukuh, Jombang.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ang/bin/c7/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads