alexametrics

6 Alasan Berwisata ke Gangwon Korsel Meski di Tengah Pandemi

9 November 2020, 17:24:33 WIB

JawaPos.com – Selama pandemi Covid-19 siapa saja sudah mulai bosan berada di rumah. Rencana liburan yang tertunda sudah bisa dimulai lagi salah satunya dengan mengunjungi destinasi di Provinsi Gangwon, Korea Selatan. Selain bisa terbawa suasana budaya K-Pop, pemandangan di sana juga indah dengan kekayaan alam.

Provinsi Gangwon sudah menyambut wisatawan mancanegara dan berkomitmen untuk memastikan keamanan para wisatawan melalui kampanye Clean Gangwon. Sejak diluncurkan pada Maret 2020, kampanye Clean Gangwon memastikan destinasi wisata, seperti hotel, restoran, dan tempat wisata lainnya di provinsi tersebut, bersih dan aman untuk dikunjungi.

Kampanye ini juga mengajak lebih dari 2.000 tempat wisata di Provinsi Gangwon menerapkan standar keamanan dan kebersihan yang tinggi. Selain itu, Provinsi Gangwon juga memperkenalkan sistem pencatatan wisatawan digital pertama di Korea Selatan melalui inisiatif Clean Gangwon Passport.

“Saat pandemi Covid-19 terjadi, hal pertama yang dilakukan oleh Provinsi Gangwon adalah menekan penyebaran virus di wilayah. Kami tidak menutup destinasi wisata, namun segera menerapkan sistem desinfeksi yang ketat agar Provinsi Gangwon tetap aman untuk dikunjungi,” ujar General Director of Culture Tourism and Sport Bureau Provinsi Gangwon Il Sub Jeong, dalam keterangan tertulis, Senin (9/11).

Provinsi Gangwon juga destinasi yang ramah untuk wisatawan Muslim dengan berbagai pilihan restoran halal dan akses ke tempat ibadah di berbagai destinasi wisata. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa wisatawan harus mengunjungi Gangwon. Di antaranya,

1. Keindahan yang berbeda di setiap musim

Tempat wisata di Provinsi Gangwon, Korea Selatan. (Istimewa)

Provinsi Gangwon terletak di bagian timur dari Semenanjung Korea. Wisatawan kerap datang sepanjang tahun karena keindahan pemandangan alam yang berbeda setiap musimnya. Provinsi Gangwon memiliki banyak pantai dengan pasir putih yang dapat dinikmati wisatawan saat musim panas.

Selama musim semi, berbagai jenis bunga mekar di seluruh Gangwon dan membawa warna yang cerah di antara hutan yang hijau. Musim gugur juga memberikan keindahan yang berbeda melalui warna dedaunan dan udara yang sejuk. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gangwon yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 tentunya adalah pada musim dingin. Fasilitas Olimpiade kini dapat digunakan oleh pengunjung untuk kegiatan konferensi bisnis dan tur kelompok.

2. Program Kesehatan dalam Menyambut New Normal

Kesehatan menjadi perhatian utama para wisatawan masa kini dan ke depannya para wisatawan akan cenderung memilih tempat yang tertutup. Mengikuti perkembangan ini, Gangwong telah menyiapkan diri menjadi destinasi yang menghadirkan kegiatan bertema kesehatan di lanskap baru pariwisata. Terdapat lima tujuan wisata yang telah dipilih oleh Organisasi Pariwisata Korea yang dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan kebersamaan. Destinasi tersebut adalah Healience Seonmaeul, Yongpyong Resort, Park Roche Resort, Museum SAN Meditation Hall, dan Mureung Health Forest.

Makguksu Experience. Tempat wisata di Provinsi Gangwon, Korea Selatan. (Istimewa)

3. Akomodasi Mudah

Layanan Gangwondo Tourist Taxi menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk mengunjungi empat kota besar di Gangwon. Lebih dari 200 supir taksi siap melayani turis mancanegara agar lebih mudah mengenal Provinsi Gangwon. Wisatawan hanya perlu membayar 20 ribu Won atau setara Rp 250 ribu untuk perjalanan selama tiga jam.

4. Layanan Lengkap

Provinsi Gangwon juga telah mengalokasikan dana hingga 40 juta USD untuk meningkatkan berbagai layanan. Peningkatkan yang dilakukan di antaranya adalah untuk sistem transportasi, fasilitas dan layanan wisata, digitalisasi materi perjalanan, serta kegiatan dan layanan yang berhubungan dengan kesehatan dan wellness untuk para wisatawan yang akan datang.

5. Penuh Budaya K-Pop

Gangneung Seongyojang House. Tempat wisata di Provinsi Gangwon, Korea Selatan. (Istimewa)

Selain terkenal akan pemandangan yang indah dan festival musim dingin, Gangwon juga terkenal melalui adegan-adegan di drama Korea. Para pengunjung dapat mengunjungi langsung tempat-tempat ikonik seperti Pantai Mangsang ‘Hotel De Luna’ paralayang di Bongraesan Paragliding Site seperti di drama ‘Crash Landing On You’, dan menikmati angin segar di Pantai Ayajin yand ada di salah satu adegan ‘It’s Okay Not To Be Okay’. Para BTS ARMY juga bisa mengunjungi dan meniru foto idola mereka sembari trekking di Badabuchaegil, berpose di sebelah patung tembaga tempat V berfoto di Pantai Naksan, atau menikmati sajian khas Chuncheon, Dakgalbi.

6. Ramah Wisatawan Muslim

Dongmoon Asian Cuisine di Pulai Nami adalah restoran ke-4 Korea yang memiliki sertifikasi halal serta menyediakan berbagai pilihan makanan. Tidak hanya makanan, restoran ini juga menyediakan tempat ibadah di gedung yang sama. Restoran ini telah membuka cabang di SONO Belle Vivaldi Park tahun 2019 dengan fasilitas yang sama.

Lebih dari 10 ribu wisatawan telah mengunjungi dan memberikan penilaian yang baik terhadap tempat ini. Restoran-restoran halal ini juga menyediakan makanan khas daerah seperti Dakgabli (Chuncheon), set ikan bakar (Sokcho), seafood hot pot (Gangneung), dan Gangwon Namul Bap yaitu nasi dengan berbagai sayuran (Wonju).

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads