alexametrics

Pantai Pulau Merah, Sajian Pasir Putih dan Sunset di Banyuwangi

7 Juni 2021, 05:48:42 WIB

Tak bisa dimungkiri, Pantai Pulau Merah telah menjadi salah satu objek wisata andalan di kabupaten berjuluk Bumi Blambangan itu. Bukan hanya keindahan alamnya, ragam fasilitas yang tersedia membuat wisatawan terpesona.

DULU pantai yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, tersebut sangat sepi. Tak banyak wisatawan yang singgah. Maklum, selain lokasinya yang jauh dari pusat kota, jalan aksesnya banyak yang rusak.

Bukan hanya itu, objek yang dulunya dikenal sebagai Pantai Ringinpitu tersebut terkesan sangat kumuh dan tak terurus. Kawasan itu dulu dipenuhi banyak semak belukar dan pohon pandan laut.

Namun, setelah dibenahi dan dikelola, kini Pulau Merah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang digandrungi banyak pengunjung. Bukan hanya lokal, melainkan juga mancanegara.

Tak salah jika objek wisata tersebut dikagumi. Selain karena keindahan alam serta pasir pantainya yang begitu putih, pulau tersebut dikenal karena nuansa merahnya. Pantulan cahaya matahari saat terbenam memunculkan warna kemerahan di sekitar pulau kecil tersebut. Karena itu, pulau tersebut diberi nama Pulau Merah.

Waktu terbaik berkunjung ke Pulau Merah adalah saat sore. Mulai pukul 16.00 hingga 17.30. Pada waktu itu, pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari tenggelam (sunset). Tak hanya itu, wisatawan juga dapat bermain surfing di pantai tersebut. ”Di Pulau Merah, ombaknya cukup bagus,” ujar Ketua Lifeguard Pulau Merah Suyitno.

Karena itu pula, tak hanya jadi tempat bermain, yang berdekatan dengan area tambang emas tersebut juga kerap jadi tempat perhelatan event surfing level lokal hingga internasional.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : kri/aif/c9/ris

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads