alexametrics

Menikmati Keindahan Alam sambil Belajar Meramu Kopi di Pasuruan

7 Mei 2022, 22:15:49 WIB

Konsep berwisata di era sekarang sudah sedemikian variatif. Tak hanya melulu tentang objek yang mengandung keindahan atau keunggulan lain, kebun kopi pun bisa disulap menjadi destinasi yang recommended. Sekaligus mendongkrak perekonomian warga sekitar.

TIDAK salah jika Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu sentra pariwisata di Jatim. Di sana, ada begitu banyak objek wisata yang jadi jujukan para traveler. Konsep yang ditawarkan juga sangat beragam.

Banyak deretan wisata bernuansa alam yang berdiri di kabupaten tersebut. Demikian pula wisata buatan atau kawasan wisata konservasi. Selain itu, yang tak kalah menarik adalah objek wisata di kawasan kebun kopi.

Ya, kebun tanaman yang bijinya begitu digemari masyarakat berbagai lapisan umur itu ternyata mampu disulap menjadi objek wisata. Destinasi tersebut terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Tutur.

Objek wisata itu diinisiatori salah seorang warga setempat yang bergelut di bidang perkopian, Ida Irawati, 50. Dia menyulap kebun kopi seluas 1 hektare miliknya menjadi sentra budi daya sekaligus tempat berwisata. ’’Saya berkebun kopi sudah lama. Dulu ada warisan lahan kopi. Kemudian, banyak yang belajar (membudidayakan kopi, Red),’’ ujarnya.

Kebun tersebut tidak jauh dari rumah Ida. Awalnya, lahan itu hanya dipakai untuk menanam kopi. Namun, dalam perkembangannya, perempuan itu mendapat banyak masukan agar menyulapnya menjadi objek wisata. ’’Terutama untuk yang ingin belajar budi daya dan produksi kopi,” katanya.

Meski lahan itu tidak didesain layaknya objek wisata edukasi (karena luasnya hanya 1 hektare), konsep yang diusung Ida cukup diminati para pengunjung. Selain hamparan kebun kopi, di sana ada rumah produksi.

Di tempat itu, pengunjung bisa belajar seluk-beluk perkopian. Mulai mengolah biji yang baru dipetik hingga meramunya menjadi minuman. ’’Semua ada. Tidak hanya bermain di kebun sambil belajar, tetapi juga mengajarkan produksinya,’’ jelasnya.

Tak hanya itu, traveler juga berkesempatan menikmati hangatnya kopi secara langsung di kebun. Wisatawan disediakan dua varian kopi yang ditanam di sana, yakni robusta dan arabika.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sid/rud/c12/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads