alexametrics

Berkunjung ke Wisata Religi Makam KH Wahab Chasbullah, Jombang

Jujukan Wali Santri agar sang Anak Kerasan
7 Maret 2021, 17:50:21 WIB

Jatim tidak hanya sarat objek wisata yang menawarkan keindahan dan eksotisme alam. Provinsi ini juga memiliki cukup banyak destinasi wisata religi yang jadi jujukan masyarakat. Salah satunya di Jombang.

GELIAT wisata religi makam KH Wahab Chasbullah di Tambakberas makin terasa pada awal 2021. Destinasi tersebut mulai kembali didatangi para peziarah.

Sebagaimana pada Jumat lalu (19/2), kompleks makam tidak pernah sepi. Ratusan santri asrama Assalma terlihat khusyuk berdoa di makam. Tak lama setelah mereka pergi, datang satu bus peziarah lain. ’’Kami rombongan dari Kediri dan Nganjuk,’’ kata Kiai Agil, pemimpin rombongan.

Mereka rupanya merupakan satu bani yang tengah bereuni dengan berziarah. Menurut Kiai Agil, rekreasi ziarah makam mempunyai dua manfaat. Pertama, refreshing karena bisa jalan-jalan. ’’Dan yang terpenting, bisa berdoa memohon keselamatan dunia akhirat,’’ ungkap dia.

Peziarah yang menggunakan motor juga tak pernah sepi. Salah satunya, Sumijo, 45, warga Bojonegoro yang datang bersama istri dengan mengendarai sepeda motor. Juga ada peziarah lokal, Nurhadi dari Diwek bersama istri dan dua anaknya yang masih balita.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : jif/bin/c12/ris




Close Ads