alexametrics

Mandi di Telaga Biru sambil Menikmati Pesona Gua Tetes

6 September 2020, 21:00:50 WIB

JawaPos.com – Ibarat berwisata kuliner, mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu bak masuk ke sebuah pujasera. Sebab, ada begitu banyak ”sajian” yang bisa dinikmati saat mengunjungi destinasi yang satu ini.

Bukan hanya keindahan dan keunikan air terjun yang menjadi ”menu utama”, wisatawan juga mendapat sejumlah suguhan lainnya. Di lokasi tersebut, pengunjung bisa menikmati eksotisnya Telaga Biru atau Gua Tetes yang lokasinya tidak jauh dari air terjun.

Gua Tetes sebenarnya lebih dulu dibuka sebagai tempat wisata. Bahkan, jauh sebelum Air Terjun Tumpak Sewu populer. Namun, karena medannya yang sulit, destinasi itu tak banyak didatangi.

Seiring makin terkenalnya Tumpak Sewu, Gua Tetes ikut ”ketiban” berkah. Pengunjungnya makin ramai. Masyarakat setempat berusaha menyatukan dua destinasi tersebut dengan membangun akses anyar. Yakni, menyusuri aliran sungai di dasar jurang. ”Kalau dihitung, jaraknya sekitar 1,5 meter. Jadi, saran saya sekalian ke Gua Tetes,” kata Mutmainah, penjaga air terjun.

Baca juga: Panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Perbatasan Malang-Lumajang

Perempuan itu bertugas sebagai petugas keamanan. Mengingatkan pengunjung air terjun untuk naik jika terjadi banjir besar. Selain itu, dia membuka warung satu-satunya di dasar jurang dengan kedalaman 200 meter.

Jawa Pos mengikuti saran Mutmainah untuk berjalan menuju Gua Tetes dari dasar jurang. Perjalanan menuju tempat wisata alam memang tak gampang. Pengunjung harus melewati sungai dan bebatuan licin. Diperlukan kekuatan penuh untuk berpegangan pada tali agar tidak terjatuh.

Sebelum sampai Gua Tetes, para pendaki bisa beristirahat di Telaga Biri. Ada kolam seluas 6 x 6 meter persegi di pinggir tebing. Airnya tampak bening dan alami. Disebut Telaga Biru karena sebagian airnya kebiru-biruan. Setelah berjalan sekitar 20 menit dari air terjun, sampailah ke Gua Tetes.

Bentuk gua itu begitu apik. Ada banyak stalagmit yang menarik untuk difoto. Uniknya lagi, gua itu tertutup air terjun. Konon disebut Gua Tetes karena ada tetesan air di dalam gua yang tak pernah mandek.

Meski sekilas terkesan seram, Gua Tetes disinggahi banyak pengunjung. Mereka penasaran melihat bentuk gua dari dekat. Mereka rela melintasi batu-batu licin demi mencapai gua di ketinggian sekitar 100 meter dari dasar jurang itu.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : hen/c12/ris




Close Ads