alexametrics
Menikmati Aktivitas Seru di Tempelhofer Feld

Di Bandara Ini, Anda Boleh Jalan-jalan di Landasan Pacu

2 November 2020, 14:28:17 WIB

JawaPos.com – Landasan pacu atau runway, hanya boleh dilewati oleh pesawat yang akan lepas landas atau mau mendarat. Tidak boleh ada orang jalan-jalan. Tapi, jangan sedih, ada satu tempat di dunia dimana Anda bisa melakukan aktivitas santai itu di landasan pacu bandara.

Bukan hanya jalan-jalan, Anda juga bisa joging, bersepeda, mengajak anjing jalan-jalan sampai bermain skateboard di landasan pacu bandara ini. Lalu, dimana tempatnya? Tempatnya itu bernama Tempelhofer Feld alias Lapangan Tempelhof yang berlokasi di kawasan Tempelhof, Berlin, Jerman.

Tentu bandara itu sudah tidak beroperasi lagi, meski sebenarnya aspal untuk landasan pacunya masih sangat mulus. Bandara Tempelhof sendiri yang sudah beroperasi sejak 8 Oktober 1923 itu sudah ditutup pada 30 Oktober 2008, kemudian oleh pemerintah setempat peruntukannya dirubah menjadi ruang terbuka untuk publik.

Di Bandara Ini, Anda Boleh Jalan-jalan di Landasan Pacu
PADANG RUMPUT: Pengunjung Tempelhofer Feld kerap memanfaatkan rumput yang terhampar untuk piknik atau bermain bersama keluarga maupun kawan. (Dinarsa Kurniawan/JawaPos,com)

Bahkan, otoritas setempat melengkapi lahan seluas 386 hektare tersebut dengan berbagai fasilitas. Mulai arena untuk bermain layang-layang, lapangan sepak bola, lapangan tenis, lapangan baseball, area untuk barbekyu, sampai kafe-kafe yang bertebaran di sekeliling lapangan. Sebagai perbandingan, Lapangan Silang Monas di Jakarta hanya memiliki luas 100 hektare.

Tak mengeherankan, dengan berbagai fasilitas yang disediakan itu, salah satu ruang publik terluas di dunia itu menjadi favorit warga ibu kota Jerman itu untuk menghabiskan waktu. Bersama teman, keluarga, atau pasangan. Mau bersantai, berolahraga, atau sekadar nongkrong, semua bisa dilakukan di tempat itu.

Seperti yang terlihat pada Minggu (1/11), banyak warga yang datang ke Tempelhof untuk menghabiskan akhir pekan. Kebetulan, saat itu matahari menampakkan sinarnya, meski hanya malu-malu. Suhu pun tidak terlalu dingin bagi warga setempat. Lumayan hangat, 13 derajat Celcius. Mengingat beberapa hari sebelumnya suhu sempat drop sampai 8 derajat Celcius.

Di antara mereka adalah Michael Keller yang datang bersama keluarganya. Mereka tampak menerbangkan layang-layang ke udara. ’’Kami sering ke sini. Rekreasi di sini menyenangkan, lengkap, dan murah,’’ urai warga yang tinggal di kawasan Mitte itu saat ngobrol dengan wartawan JawaPos.com.

Mulai hari ini, tampaknya Tempelhof akan semakin menjadi favorit warga untuk berekreasi atau berolahraga. Mengingat. Kanselir Jerman Angela Merkel pun sudah mengumumkan, bahwa mulai Selasa (2/11) hari ini, lockdown parsial mulai diberlakukan di Jerman untuk mengendalikan penularan virus Covid-19 di negara itu. Nah, public space adalah salah satu tempat yang masih diizinkan buka oleh pemerintah Jerman.

Saleem Yusouf, warga keturunan Libanon yang sudah sepuluh tahun terakhir tinggal di Berlin menyatakan, dirinya bakal lebih sering menghabiskan waktu di Tempelhof saat lockdown. ’’Di sini lebih aman, karena Anda bisa menjaga jarak sambil beraktivitas mengingat sangat luasnya lapangan,’’ papar dia. (*)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dinarsa Kurniawan



Close Ads