alexametrics

Perhatikan 5 Tips Penggunaan kartu Kredit jika Liburan ke Luar Negeri

1 September 2019, 14:13:39 WIB

JawaPos.com – Ingin berlibur ke luar negeri tapi tabungan masih belum mencukupi? Tak perlu risau. Impian Anda untuk dapat melepas penat di negeri seberang tidak akan menjadi isapan jempol belaka. Meski bisa dibilang bujet berlibur masih sangat terbatas, Anda tetap dapat menikmati suguhan yang ada di luar negeri. Buat mengisi kekurangan dana yang ingin digunakan untuk memenuhi kegiatan berlibur Anda di luar negeri, tak ada salahnya menggunakan kartu kredit.

Cukup banyak tawaran kredit dengan cicilan 0 persen yang bisa Anda pilih. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut dengan pembengkakan biaya pasca liburan ke luar negeri, bukan? Oleh karena itu, agar kondisi keuangan Anda tetap aman meski berlibur ke luar negeri mencicil dengan kartu kredit, perhatikan hal ini seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (9/1).

1. Pilih Destinasi Negara yang Sesuai

Dalam memilih negara yang ingin dituju untuk berlibur, ada dua hal yang perlu Anda pertimbangkan agar pengeluaran tak membengkak. Dua hal tersebut adalah visa dan tempat wisata di negara tersebut. Selain paspor, Anda tentu harus menyiapkan visa kunjungan wisata agar dapat memasuki negara tujuan. Mengurus berkas dan proses pembuatan visa juga pastinya membutuhkan biaya.

Soal tempat wisata, pertimbangan pemilihan negara yang ingin Anda tuju hendaknya berlandaskan pada banyaknya destinasi wisata yang bisa didatangai secara gratis. Alasannya, selain membuat Anda memiliki lebih banyak tempat yang bisa dikunjungi, wisata gratis juga sangat ramah bagi keuangan.

Jadi, dalam memilih negara yang ingin dituju sebagai tempat berlibur, pertimbangkan kebutuhan pengurusan visa serta ada tidaknya tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi. Dengan begitu, pengeluaran liburan Anda akan lebih terjangkau dan tetap dapat menikmati wisata yang ada.

2. Pilih Cicilan Kredit yang Terjangkau

Hal pertama yang perlu Anda cermati saat ingin berwisata ke luar negeri dengan cara kredit adalah mengetahui kondisi finansial Anda. Pastikan bahwa tagihan dari beban kredit yang diajukan tidak melebihi batas kemampuan Anda dalam membayarnya. Bagi Anda yang berniat untuk mengajukan kredit tanpa agunan atau dengan agunan, sebagian bank akan lebih berhati-hati dalam memilih calon nasabahnya. Saat pihak bank merasa kemampuan finansial Anda tidak cukup kuat untuk mengajukan kredit dalam nominal tertentu, sudah dapat dipastikan bahwa impian berlibur keluar negeri harus
ditunda.

Ilustrasi kartu kredit. (Istimewa)

Jika Anda telah berlangganan menggunakan kartu kredit selama beberapa waktu, kesempatan untuk dapat berlibur ke luar negeri dengan cicilan mungkin akan terbuka lebih lebar. Terlebih lagi jika pihak bank telah mempercayai Anda karena tidak pernah telat membayar tagihan.

Anda dapat booking tiket pesawat atau reservasi hotel dengan memanfaatkan kartu kredit tersebut. Pilihan tenornya pun bervariasi, mulai dari 3 hingga 12 bulan. Namun, saat menggunakan kartu kredit untuk berlibur, pastikan untuk tidak melebihi limit dan beban cicilan kurang dari 30 persen total gaji yang Anda miliki. Dengan begitu, risiko memiliki beban tagihan yang terlalu memberatkan tidak akan Anda alami pasca berlibur tersebut.

3. Pahami Beban Bunga dan Dendanya

Setiap bank pasti punya kebijakan bunga kredit berbeda-beda. Kebanyakan bank akan memberikan beban bunga kartu kredit pada kisaran 0 persen sampai 3 persen . Namun, untuk kredit pinjaman, bunga yang diberikan sedikit lebih tinggi, yaitu hingga 5%. Mengetahui adanya perbedaan beban bunga tersebut, Anda sangat disarankan untuk mencari informasi sedetail mungkin mengenai bank yang memberi beban bunga paling kecil. Selain itu, pahami juga denda yang dibebankan untuk berjaga-jaga saat Anda tidak dapat melunasi tagihan dengan tepat waktu.

Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan total tagihan yang harus dilunasi setiap bulannya dan menyesuaikannya dengan kemampuan keuangan. Risiko membengkaknya beban tagihan juga akan lebih mudah teratasi saat Anda mengetahui besaran denda keterlambatannya.

4. Jangan Malas Mencari Info Promo Pesawat dan Hotel

Secara umum, hal yang wajib Anda siapkan saat akan berlibur ke luar negeri adalah tiket pesawat dan reservasi kamar hotel sebagai tempat bernaung sementara. Tanpa kedua hal tersebut, liburan di negeri orang hampir tidak mungkin dilakukan. Agar pengeluaran dapat ditekan, Anda perlu mencari informasi tentang promosi tiket pesawat dan juga hotel. Saat sedang berburu promo, jangan melulu menunggu pengumuman dari pihak maskapai pesawat ataupun hotel resminya saja, tapi juga di
website jasa perjalanan juga.

Tak jarang, promosi di situs resmi tersebut lebih menguntungkan. Pembagian kode promo yang bisa digunakan di situs perjalanan itu juga cukup sering dilakukan, apalagi saat mendekati masa high season liburan. Jadi, usahakan untuk mencari penawaran tiket pesawat dan reservasi hotel yang menarik agar meminimalisir bujet liburan Anda.

5. Gunakan Poin yang Terkumpul di Kartu Kredit

Beberapa penyedia kartu kredit akan memberikan poin setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut. Hadiah yang bisa Anda dapatkan dari menukar poin tersebut juga bermacam-macam. Bukan tak mungkin hadiah yang bisa Anda pilih berhubungan dengan kebutuhan liburan yang diinginkan. Beberapa pilihan tiket pesawat, serta voucher hotel dan restoran juga bisa Anda dapatkan dengan menukarkan poin kartu kredit tersebut. Jadi, pengeluaran liburan Anda juga akan menjadi semakin sedikit. Walau ke luar negeri, biaya liburan Anda jadi hemat.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Close Ads