alexametrics

Resep Croffle, Snack Kekinian yang Gampang-Gampang Susah Dibuatnya

31 Oktober 2021, 17:48:05 WIB

Croffle atau croissant (yang dicetak) waffle jadi tren sejak pertengahan tahun ini. Menu yang disajikan bersama aneka topping itu relatif mudah dibuat. Tak mahal pula. Pas sebagai hidangan selingan maupun produk jualan.

MENDENGAR kata croissant, tentu teringat pastry rapuh berlapis-lapis nan renyah. Pembuatannya dikenal makan waktu lama dan butuh ketelatenan. Sejak pandemi, hidangan asal Austria itu dikemas berbeda. Jika biasanya dipanggang, kini dimatangkan di cetakan wafel. Pembuatannya pun kini bisa diikuti pemula karena memakai danish pastry siap pakai.

’’Karena siap pakai, tinggal dibiarkan sampai suhu ruang dan diolah sesuai keinginan. Lebih praktis dan hemat waktu,’’ kata Rachmah Setyawati. Pemilik Kedai Rachmah itu menjelaskan, danish pastry berbeda dengan puff pastry. Meski mirip, danish pastry memiliki tambahan ragi. Dengan demikian, saat dipanggang, ia bakal mengembang. Renyah, tetapi tetap empuk dan chewy di dalam.

Rachmah memaparkan, kesulitan dalam mengolah croffle ada di tahap mematangkan. Besar api hingga proses menekan bisa memengaruhi hasil akhir. Pertama, api yang digunakan harus kecil. Tujuannya, mendapatkan tekstur renyah dan empuk. ’’Kalau dengan api besar, bagian luarnya gosong, tapi dalamnya kurang matang,’’ imbuhnya. Perempuan yang juga membuka kursus daring itu menjelaskan, proses pematangan membutuhkan sekitar 10 menit.

Croffle pun tak boleh asal ditekan. Apalagi sampai pipih. Hasilnya bakal kering dan cenderung keras saat sudah dingin. ’’Di awal, ditutup, tapi anggang-anggang atau enggak terlalu rapat supaya adonan masih bisa mengembang,’’ kata Rachmah. Adonan yang mengembang dan matang baik ditandai dengan bouncing. Ketika adonan ditekan, ia bakal membal kembali.

Menurut Rachmah, croffle bisa menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan. Harga pokok produksinya relatif rendah, dengan harga jual yang sangat beragam. Pembuatannya bisa dilakukan dengan mudah meski tentu ada trik yang harus diperhatikan. ’’Harga pokok produksinya sekitar Rp 5 ribu, bergantung ukuran dan topping yang dipakai,’’ ungkapnya. Berminat membuka bisnis croffle?

VARIAN CROFFLE

CROFFLE KARAMEL: Sebelum dipanggang, taburi adonan dengan gula palem, lalu panggang dengan api kecil.

MANIS: Setelah croffle matang, celup sebagian dalam cokelat cair dan taburi dengan kacang pistachio atau almond yang dihancurkan.

GURIH: Sebelum adonan dilipat, tabur potongan smoked beef dan keju. Lipat dan matangkan dengan api kecil.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : fam/c12/tia




Close Ads