alexametrics

Menparekraf Sadari Izinkan Wisatawan Mancanegara Masuk Perlu Hati-hati

29 September 2021, 14:02:12 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan pernyataan akan adanya potensi gelombang ketiga di Tanah Air. Hal ini tentu mengkhawatirkan, padahal Indonesia sendiri baru saja mengalami perbaikan penanganan Covid-19.

Bahkan dengan indikator tersebut, direncanakan pemerintah akan membuka penerbangan internasional untuk wisatawan mancanegara berwisata di Indonesia. Namun, adanya informasi tersebut, rencana itu perlu dikaji ulang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, untuk bisa melaksanakan pembukaan destinasi untuk wisatawan mancanegara, pihaknya akan memantau kondisi penanganan dan kepatuhan protokol kesehatan masyarakat di masa pandemi.

“Kita kan juga akan membuka untuk mancanegara, ini kita lakukan penuh kehati-hatian, pantau situasi pasar,” ujar dia dalam diskusi daring Sektor Pariwisata Bersiap Bangkit, Prokes Covid-19 Tetap Diterapkan, Rabu (29/9).

Jadi untuk saat ini, prioritas utama adalah menggaet masyarakat dalam negeri berwisata. Ditambah pemerintah pun telah menjalankan berbagai strategi, salah satunya adalah memberikan sertifikat cleanliness, health, safety and environmental sustainability (CHSE) untuk tempat wisata yang aman dan sehat.

“Gelombang ketiga juga akan datang, kita fokus wisatawan nusantara, itu yang kita dorong,” tuturnya.

Untuk mengajak masyarakat berwisata, seluruh stakeholder harus saling bekerjasama demi kebangkitan pariwisata dalam negeri. Mulai dari sosialisasi prokes, vaksinasi hingga mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi ditempat wisata.

“Kami mendorong seandainya ada kesalahpahaman, yuk kita ngobrol karena ini suatu standar bersama yang bisa menghadirkan rasa nyaman kepada wisatawan,” tandas dia.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads