alexametrics

Wisman Tiongkok Masih Terbanyak Kedua Kunjungan ke Borobudur

29 Januari 2020, 19:00:12 WIB

JawaPos.com – Mewabahnya virus korona tak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), khususnya asal Tiongkok, ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, hingga saat ini wisman asal Tiongkok menempati urutan kedua terbanyak setelah Malaysia.

Sejak awal tahun, jumlah wisman yang berkunjung ke Candi Borobudur mencapai 800an orang. “Pengunjung dari Tiongkok ke Candi Borobudur masih tinggi, setelah Malaysia,” katanya dilansir dari Antara, Rabu (29/1).

Putu yakin, wisman yang berkunjung ke Candi Borobudur tak membawa bibit virus korona. Sebab, mereka sudah melalui pemeriksaan intensif di bandara-bandara.

Selain itu, pengelola candi juga membekali pengunjung dengan masker. “Saat libur Imlek kemarin, kami sudah antisipasi para petugas semuanya kami siapkan masker,” katanya.

“Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan mengantisipasi bila ada salah satu dari wisatawan itu terkena gejala-gejala yang ada,” katanya.

Tak hanya itu, pengelola candi juga menyediakan ruangan untuk pengecekan kesehatan pengunjung. Dia pun meminta masyarakat untuk tak ragu menikmati pesona Candi Borobudur.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua