alexametrics

Cara Nusantara Menyantap Cabai

28 Oktober 2020, 19:12:37 WIB

Hampir semua daerah di Nusantara memiliki sambal yang khas. Yang membedakan adalah racikan bahan dan cara pengolahannya. Meskipun semua memiliki kesamaan, yaitu menggunakan cabai sebagai ’’pemain’’ utama.

SAMBAL SEGO TEMPONG, BANYUWANGI

SAMBAL SEGO TEMPONG  (RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI)

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal tempong hanya cabai, tomat, garam, gula pasir, dan terasi. Semua disajikan dengan segar sehingga menghasilkan rasa pedas yang menyengat. Warung Sego Tempong Mbok Wah di Bakungan, Glagah, adalah salah satu yang tersohor di Banyuwangi.

SAMBAL PARAPE, MAKASSAR

(IDHAM AMA/FAJAR)

Sambal parape yang jadi teman makan ikan bakar punya tekstur yang terasa kasar. Perpaduan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih dihaluskan, lantas diberi garam dan sedikit penyedap. Cita rasa sambalnya gurih dengan rasa pedas yang cukup menggigit lidah.

SAMBAL RICA, MINAHASA

(VELINDA/MANADO POS)

Sambal rica tak cuma jadi bumbu, tapi juga pelengkap di meja makan. Cherly Lewu, pemilik Rumah Makan Om Kumis di Jalan Tombulu, Minahasa, menuturkan bahwa sambal rica biasa menemani tinorangsak atau babi rica, rusuk babi, dan sate babi. Sambal rica dibuat dari cabai rawit atau rica, kemiri, jahe, bawang, dan batang bawang.

SAMBAL COLO-COLO, AMBON

(AZZA/AMBON EKSPRES)

Proses pembuatan sambal colo-colo khas Kota Ambon, Provinsi Maluku, sangat praktis. Sambal itu berbahan dasar cabai, bawang, tomat, jeruk nipis, garam, dan kecap. Rasanya segar, pedas, asam, dan manis. Menurut Lieyanto Yoserizal, pemilik Imperial Resto Ambon, sambal colo-colo sangat populer. Sambal colo-colo biasanya dipesan bersama ikan bakar.

SAMBAL EMBE DAN MATAH, DENPASAR

(I KADEK SURYA KENCANA/JAWA POS RADAR BALI)

Nyoman Sukadana alias Pan Rame, pemilik Warung Men Weti di Jalan Pantai Segara Ayu, Sanur, menjelaskan bahwa sambal embe terbuat dari cabai, terasi, dan bawang goreng. Sementara itu, sambal matah menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, serai, jeruk lemon, minyak kelapa, dan lain-lain. Pan Rame mencampur sambal matah dengan olahan ikan segar sesuai resep warisan.

SAMBAL RAJA, SAMARINDA

(LINDA/SAMARINDA POS)

Kalau ke Samarinda, silakan mencoba Sambal Raja di Warung Selera Acil Inun di Jalan Kadrie Oening, Kota Samarinda. Isinya ada cabai, tomat, terasi, terong, terong ungu, bawang rambut, udang, filet ikan haruan, buncis, bawang merah, timun, dan telur rebus. Semua bahan itu digoreng dengan sedikit minyak, lantas diulek. Kecuali timun dan telur yang direbus.

SAMBAL BANDENG, PATI

(JAWA POS RADAR KUDUS)

Bahan-bahan sambal bandeng disajikan dengan berbagai cara. Cabai dikukus, terasi digoreng, sedangkan bawang merah dibiarkan mentah. Membuat sambal itu terasa lebih gurih. Racikan tersebut lantas ditambah dengan garam dan penyedap rasa secukupnya. Bahan-bahan itu diulek kasar-kasar.

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tim jawa pos/c18/jun



Close Ads