alexametrics

Merasai Sate Kelopo di Surabaya yang Setia Melestarikan Resep Keluarga

28 Maret 2021, 16:18:32 WIB

TERDAPAT banyak varian dan jenis kuliner sate di Surabaya ini. Sebut saja sate ayam, sate kambing, sate kelopo, hingga sate karak (sate jeroan kambing atau sapi). Sate kelopo yang berbahan daging sapi boleh dikata salah satu kekhasan kuliner Kota Pahlawan yang tak dijumpai di kota-kota lain. Inilah beberapa sate kelopo yang pantang dilewatkan.

SATE KELOPO BU ANI

MENGUNDANG SELERA: Bu Ani menunjukkan sate kelopo di warungnya. Dalam setiap tusuk satenya, Bu Ani menyisipkan gajih sapi agar gurih. (Alfian Rizal/Jawa Pos)

BERBELANJA di Pasar Keputran, sempatkan untuk menikmati menu sarapan di sate kelopo Bu Ani. Penyajian yang masih menggunakan daun pisang memberikan sensasi makan gaya jadul. Sambil melihat aktivitas pedagang berseliweran.

Ani yang sudah berusia 60 tahun sudah hampir 40 tahun berjualan di sana. Setumpuk sate yang dia jajakan selalu ludes. Bahkan sebelum fajar tegak di atas kepala.

Memakan satu tusuk sate Bu Ani, lidah diajak menjelajahi berbagai tekstur yang kompleks. Daging dengan level kematangan well-done. Disambut lemak sapi yang meletus di antara balutan kelapa yang mengering saat dibakar.

Minyak kelapa yang secara alami keluar meningkatkan selevel rasa gurih. ’’Bumbu jangkepnya yang membuat sate ini enak,’’ ujar Ani. Juga aroma tipis kunir menyamarkan bau khas daging.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c17/dra




Close Ads