Daftar Kuliner Khas Bali Yang Wajib Anda Coba Ketika ke Pulau Dewata

27 September 2022, 05:48:04 WIB

JawaPos.com – Bali merupakan pulau yang berada di kawasan bagian Barat Nusa Tenggara. Pulau ini dikenal sebagai Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Julukan itu datang karena keindahan alam yang masih sangat alami dan budaya keagamaan Hindu yang masih sangat kental. Bali juga tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan dan juga para turis asing.

Banyak tujuan kalau ke Bali, tapi yang tidak boleh dilupakan adalah berbagai kulinernya yang unik dan nikmat. Bercampur kaya akan rempah-rempah khas Bali yang patut untuk anda coba. Yuk, simak rekomendasi kuliner khas Bali yang wajib untuk anda coba.

1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk. (Instagram Ajshops.idn)

Ayam Betutu merupakan olahan ayam khas Bali yang direbus dan dicampurkan rempah-rempah tradisional. Daya tarik dari Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini terdapat pada ayamnya yang sangat empuk dan tidak alot.

kuliner khas Bali ini biasanya disajikan dengan kuah, bakar, dan juga goreng. Tentunya disandingkan dengan berbagai pilihan sambal seperti cabai krinyi, matah, dan masih banyak lagi.

Harga menu Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini sekitar Rp 100.000 untuk satu ekor dan Rp 64.000 untuk setengah ekor.

Alamat: Jalan Raya Tuban Nomor 2X, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Jam Buka: 

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 WITA – 22.00 WITA

 

2. Serombotan

Serombotan. (Instagram pawon.yuli21)

Serombotan merupakan kuliner khas Bali yang terdiri dari berbagai macam sayur-sayuran yang direbus. Seperti kacang panjang, kangkung, toge, terong bulat, pare, hingga buncis. Ditambah dengan bumbu khas Bali seperti bumbu sambal kelapa parut dan bumbu kacang pedas.

Harga seporsi serombotan terbilang sangat terjangkau hanya Rp 10.000. Anda dapat menikmati serombotan yang nikmat. Ditempat makan ini anda tidak hanya ditawarkan menu serombotan saja, terdapat aneka menu lainnya seperti rujak, minuman dingin dan menu lain.

Alamat: Jalan Nangka Nomor 136 – 138, Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

 Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 09.00 WITA – 18.00 WITA

 

3. Sate Lilit

Sate Lilit. (Instagram arimadione)

Bagi para pecinta kuliner, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi makanan khas Bali yang satu ini: yaitu sate lilit. Sate lilit biasanya menggunakan bahan dasar daging ayam atau ikan yang dicincang. Lantas, diberi bumbu rempah-rempah khas Bali.

Kuliner khas Bali ini enaknya dinikmati dengan sepiring nasi putih yang masih hangat. Harga sate lilit dibandrol berkisar Rp 20.000 seporsi. Lalu, sate lilit ini bisa anda nikmati dengan aneka pilihan menu lainnya seperti sop ikan, nasi sela/ubi dan lain sebagainya.

Alamat: Jalan Tukad Pakerisan Nomor 8, Panjer, Kecamatan Denpasar Bar, Kota Denpasar, Bali.

Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 06.30 WITA – 16.00 WITA

 

4. Nasi Campur

Nasi Campur. (Instagram sbykulinerinfo)

Nasi Campur merupakan nasi yang disandingkan dengan berbagai macam pilihan lauk pauk. Seperti urap bali, telur, suwir daging, sayuran, dan juga sate lilit daging ayam ataupun daging ikan.

Nasi campur kuliner khas Bali ini biasanya dinikmati dengan aneka pilihan sambal yang diracik dengan bumbu khas Bali nan segar dan nikmat. Harga nasi campur mulai dari Rp 13.000 sampai Rp 23.000 seporsi.

 Alamat: Jalan Pulau Tarakan Nomor 5, Dauh Puri Klod, Kecamatan Denpasar Bar, Kota Denpasar, Bali.

Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 06.00 WITA – 22.00 WITA

 

5. Nasi Lawar

Nasi Lawar. (Instagram Aritriyu)

Salah satu kuliner khas Bali yang paling banyak peminatnya yaitu Nasi Lawar. Makanan ini merupakan makanan yang terkenal akan kelezatannya, yang berdiri sejak tahun 1996. Membuat makanan ini sangat populer oleh masyarakat Bali dan juga para wisatawan.

Nasi lawar ini terdapat berbagai pilihan. Seperti lawar babi, lawar kuwir/bebek, lawar ayam, dan lawar gurita. Biasanya, makanan ini disajikan dengan sayuran yang dicampurkan dengan kelapa parut dan daging. Ada juga dengan darah yang dibumbui dengan rempah khas Bali. Harga nasi lawar mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 32.000 seporsi.

Alamat: Jalan Kroya Gang Cemapaka Nomor 1, Kesiman, Denpasar Timur, Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

Jam Buka: 

Hari Jam
Senin – Minggu 07.00 WITA – 16.00 WITA

 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Isna Febby Sakinah

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads