alexametrics

Kuliner Tradisional Legendaris Pikat Para Turis ke Air Terjun Sedudo

27 September 2020, 14:32:10 WIB

JawaPos.com – Berkunjung ke Sedudo, rasanya tak afdal tanpa menyantap kuliner khas lereng Gunung Wilis. Berbagai jajanan tradisional tersedia di belasan warung. Nasi jagung, nasi tiwul, cenil, klepon, hingga gorengan panas tersaji di sana.

Dari ragam panganan tradisional itu, nasi jagung menjadi favorit pengunjung. Biasanya, mereka menyantap kuliner itu setelah kelelahan mandi di Air Terjun Sedudo. ”Yang paling laris, nasi jagung dan nasi tiwul,” ujar Darti, 57, salah seorang pemilik warung di Sedudo.

Dipadu dengan sayur lodeh, urap-urap, serta ikan asin, sensasi gurih dan manisnya nasi jagung berubah jadi makanan yang lezat. Demikian juga nasi tiwul yang disantap dengan parutan kelapa atau dipadu lauk serupa.

Disajikan di dalam pincuk daun pisang, kuliner tradisional itu seolah melengkapi eksotisme Sedudo. Jika perut belum kenyang, tidak sedikit pengunjung yang menyantap cenil dan klepon. Kuliner tersebut memang punya penggemar tersendiri.

Sebagaimana yang dilakukan Ardianto, 31. Pria asal Madiun itu mengaku selalu menyantap nasi jagung saat berkunjung ke Sedudo. ”Seperti kurang lengkap kalau ke sini (Sedudo, Red), belum makan nasi jagung,” tuturnya sembari menyebutkan bahwa nasi jagung sangat pas disantap saat kondisi hawa dingin.

Baca juga: Air Terjun Sedudo Terkenal karena Airnya Dipercaya Bikin Awet Muda

Datang bersama istrinya, Ardianto mengaku pernah ke Sedudo pada 2019. Derasnya air terjun serta gurih dan manisnya nasi jagung membuatnya kangen dan ingin kembali mengunjungi Sedudo.

Awalnya dia mengaku tahu kelezatan nasi jagung Sedudo dari teman-temannya. Rasa penasarannya terbayarkan setelah mencoba sendiri kuliner yang jadi buruan pengunjung itu. ”Ini (nasi jagung, Red) sangat pas dengan suasana pegunungan dan dinginnya air terjun seperti ini,” ungkapnya.

SPOT SELFI: Air Terjun Sedudo yang dikelilingi tebing curam juga menjadi spot favorit para pengunjung selfie maupun foto bersama. (IQBAL SYAHRONI/JAWA POS RADAR NGANJUK)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syi/ut/c12/ris




Close Ads