alexametrics
Reaktivasi Jalur-Jalur KA Bersejarah

Charlie Chaplin Dua Kali Kunjungi Garut–Cibatu

26 September 2021, 13:45:03 WIB

Di Indonesia, kereta api pernah berjaya pada era kolonial. Jalur-jalur eksotis dan rute-rute niaga adalah magnet yang bahkan menjadi daya tarik wisata. Dibiarkan mati sekian lama, kini beberapa lintasan dan stasiun direaktivasi.

PADA awal abad ke-20, jalur kereta api Cibatu–Garut adalah kebanggaan Jawa Barat (Jabar). Tahun ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) mereaktivasi jalur favorit yang dikelilingi banyak pegunungan tersebut. Ada pegunungan Cikuray, Sadakeling, Papandayan, Guntur, Haruman, dan Kaledong.

Jika pada masa lampau keindahan alam di sepanjang trayek Cibatu–Garut itu mampu mendatangkan Charlie Chaplin, bagaimana dengan sekarang?

”Stasiun Garut memiliki tampilan yang cantik dibandingkan stasiun-stasiun lainnya,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo saat ditemui Jawa Pos pada 4 September. Pesona Garut, imbuh dia, kini akan dimulai dari stasiunnya. Stasiun itu dibangun di lahan yang sama dengan stasiun lama. Secara umum, bangunannya baru. Namun, daop 2 mempertahankan bangunan yang lama. Khususnya sebagai museum.

Rencananya, kisah tentang Chaplin dan tokoh-tokoh kenamaan lain yang pernah singgah di Garut dipajang di museum tersebut. Daop 2 juga ingin masyarakat mengetahui sejarah menarik Stasiun Garut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syn/c19/hep

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads