alexametrics

Ikhtiar Ciptakan Habit Kuliner Baru

25 Juli 2021, 16:36:33 WIB

JawaPos.com – Komika Arie Kriting yakin kuliner Indonesia Timur bisa menambah ragam khazanah makanan Nusantara. Tidak sekadar untuk menciptakan tren, tetapi habit alias kebiasaan baru. Nantinya, kuliner Indonesia Timur yang begitu banyak macamnya itu bisa menjadi pilihan menu bagi masyarakat Indonesia.

’’Seperti nasi padang yang ada di seluruh Indonesia,’’ ujar pria yang terlahir dengan nama Satriaddin Maharinga Djongki tersebut.

Agar kuliner Indonesia Timur dikenal luas, sebagai putra Buton, Arie merasa punya tanggung jawab untuk memopulerkannya. Pada masa pandemi seperti sekarang, salah satu caranya adalah dengan membicarakan kuliner Indonesia Timur dalam forum diskusi daring. Seperti #TimurBacarita dengan topik Kuliner & Pangan Lokal Indonesia Timur pekan lalu yang menampilkan Arie sebagai salah satu pembicara.

Dalam upaya yang lebih serius, Arie bahkan jualan pisang goreng sambal. Itu merupakan langkah yang berani. Sebab, meskipun pisang goreng sambal adalah camilan yang sangat umum di kampung halaman Arie di Sulawesi Tenggara dan sebagian besar kawasan Indonesia Timur lainnya, kudapan tersebut tidak seterkenal nugget pisang yang sempat mencuri perhatian.

’’Saya ingin memperkenalkannya di Jakarta. Biar mereka tahu enaknya seperti apa,’’ ungkap suami Indah Permatasari tersebut. Bagi Arie, pisang goreng yang dicocol sambal lebih nikmat ketimbang pisang goreng yang ditaburi keju atau dipadukan dengan cokelat.

Jika belum banyak orang yang punya pendapat yang sama dengannya, menurut dia, itu hanya karena mereka belum mencobanya saja. Maka, dia memilih menjajakan pisang goreng sambal di ibu kota. Tujuannya adalah agar ada lebih banyak orang yang mencicipi kenikmatan pisang goreng sambal.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/c17/hep

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads