alexametrics

Resep Kreasi Bento Dimsum Favorit Anak-Anak

Modifikasi Kulit Dimsum dengan Buah Naga
24 Juli 2022, 19:48:03 WIB

Ingin membuatkan camilan sehat nan lezat buat si kecil? Dimsum bisa jadi pilihan. Dimsum yang bertekstur lembut juga kerap dijadikan menu makanan pendamping ASI (MPASI). Kreasi dan modifikasinya beragam.

BUKAN hanya rasanya yang lezat, dimsum bisa dimodifikasi dengan tambahan buah naga dan berbagai sayuran. Misalnya, kreasi Ita Fatkhur Romadhoni berikut. Penyajiannya pun dibuat dengan model bento. Perpaduan racikan bumbu yang pas dan tampilan yang menggoda bikin anak-anak doyan.

Pure buah naga yang ditambahkan pada adonan kulit dimsum tidak hanya membuat warnanya makin cantik. ’’Tapi, juga menambah kandungan gizi,’’ tutur dosen D-4 Tata Boga Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut. Buah naga kaya protein dan memiliki kandungan antioksidan.

Serta, ada brokoli dan beberapa sayuran lainnya yang dijadikan isian dimsum. ’’Ini juga cara agar anak-anak mau makan sayuran,’’ ucapnya. Sayuran dicincang, lalu dicampur ayam dan udang, berpadu dengan aroma minyak wijen yang khas. Bikin kalap untuk segera menyantapnya.

Penyajian dengan konsep bento membuat dimsum semakin menarik. Dosen mata kuliah pengembangan produk tersebut menambahkan beberapa hidangan pelengkap. Bakpao manis sebagai pengganti karbohidrat. Serta, buah stroberi kaya akan vitamin.

Jamur enoki juga disajikan sebagai pelengkap. Begitu juga cikuwa serta minuman probiotik. Saus pendamping dimsum dibikin customized. Dhoni, sapaan akrab Ita Fatkhur Romadhoni, yang membuat dimsum bento untuk anak-anak sejak 2019 itu menggunakan buah naga yang dicampur dengan mayones. Warnanya yang cantik diharapkan menggugah selera anak-anak. Cocok buat bekal sekolah anak nih, Bun.

RESEP KULIT DIMSUM

Bahan-bahan (untuk 40 pieces):

Tepung terigu protein sedang 200 gram

Tepung tapioka 100 gram

Garam secukupnya

Minyak goreng 3 sdm

Pure buah naga* 150 ml

ISIAN DIMSUM

Paha ayam 500 gram

Udang 100 gram

Brokoli 50 gram

Wortel 50 gram

Tepung tapioka 50 gram

Minyak wijen 3 sdm

Kecap asin 1 sdm

Kecap ikan 2 sdm

Saus tiram 1 sdm

Telur 1 butir

CARA MEMBUAT KULIT DIMSUM

Campurkan semua adonan menjadi satu dan uleni

Bentuk kulit dimsum sesuai keinginan

ISIAN DIMSUM

Haluskan daging ayam. Pilih paha ayam karena mengandung lemak dan lebih juicy

Cincang udang kasar agar bertekstur

Cincang sayuran

Campurkan semua bahan jadi satu, lalu siap untuk dibentuk dan dikukus

CARA MEMBUAT PURE BUAH NAGA:

Potong buah naga dan blender

Saring pure buah naga dari biji, lalu campurkan ke adonan

TIPS ADONAN KULIT

– Agar elastis dan tidak mudah robek, adonan kulit dimsum diberi tepung tapioka. Penambahan air jangan terlalu banyak. Buah naga diblender, lalu disaring sebelum ditambahkan ke adonan.

– Adonan kulit tidak boleh terlalu lama terkena udara. Taburi dengan tapioka. Lalu, tutup rapat sehingga tidak terkena udara dan tidak kering.

– Penyimpanan di freezer bisa tahan sampai dua bulan. Jika ingin lebih tahan lama, simpan dalam bentuk dimsum yang sudah jadi atau sudah dikukus. Bisa bertahan lima bulan.

– Modifikasi kulit dimsum bisa dengan buah apa saja. Hanya, harus perhatikan kandungan airnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c12/nor

Saksikan video menarik berikut ini: