alexametrics

Membuat Masala Chai, Teh Aromatik Asal India

Pedas, Manis, Gurih dalam Satu Cangkir
24 Mei 2021, 06:48:07 WIB

MASALA chai atau teh rempah adalah sajian khas kedai pinggir jalan India yang sudah mendunia. Minuman yang merupakan paduan teh hitam, susu, dan rempah-rempah itu menawarkan rasa dan aroma yang istimewa. Pedas, manis, gurih, plus tekstur yang creamy dari setiap bahan yang hadir di indra pengecap. Aroma floral rempah langsung menggoda dalam satu tarikan napas.

Dan, membuat masala chai di dapur Anda sendiri bukanlah perkara yang sulit. Bumbu dapur yang sehari-hari kita temui pun sudah cukup untuk menyajikan masala chai ala keluarga. Apalagi, Indonesia memiliki ragam rempah yang tidak terbatas. Nah, berikut sedikit tip untuk memulai berkreasi menciptakan teh susu rempah sendiri.

BAHAN MASALA CHAI

– Teh hitam (2 sdt/5 gram)

– Susu murni (500 ml)

– Kapulaga (3 butir)

– Pala (setengah potong untuk ukuran besar)

– Cengkih (5 tangkai)

– Lada hitam (setengah sdt)

– Adas (setengah sdt)

– Kayu manis (panjang 4 cm)

– Bunga lawang (2 biji)

– Jahe (2 cm)

– Gula (sesuai selera)

CARA MEMBUAT MASALA CHAI

1. Ulek kasar semua rempah-rempah. Kecuali, jahe dan bunga lawang. Jika suka dengan cita rasa yang kuat dan tajam, rempah bisa dihaluskan dengan cara diblender halus.

2. Siapkan 500 ml air dan panaskan hingga mendidih.

3. Setelah air mendidih, kecilkan api. Masukkan rempah yang sudah diulek kasar. Kemudian aduk terus. Pastikan semua rempah tercelup ke air agar sari rempah tercampur sempurna.

4. Masukkan 2 sdt teh hitam ke air. Aduk sebentar hingga air berubah warna.

5. Selanjutnya, tuang 500 ml susu murni. Aduk merata, lalu tambahkan gula sesuai dengan selera. Masak hingga mendidih. Saat buih muncul dan butiran teh hitam naik, matikan api.

6. Saring dan pisahkan ampas dan teh yang sudah jadi. Masala chai siap disajikan dan dinikmati.

Baca Juga: Berkedok Condotel, Menipu Rp 806 M, Uang Habis Dipakai Trading

TIP

– Gunakan teh hitam yang beraroma orisinal untuk merasakan sensasi asli masala chai. Bisa dikreasikan dengan teh tubruk atau teh melati.

– Jangan menyeduh teh terlalu lama untuk menghindari rasa yang berubah. Usahakan, setelah memasukkan teh, segera tambahkan susu.

– Bahan bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Misalnya, mengganti lada hitam dengan andaliman. Atau, tambahkan rempah lain seperti bawang lanang, kencur, serai, kayu secang, madu, atau gula batu.

– Jika tidak suka susu, bisa diganti dengan krimer, susu kedelai, susu almon, atau tanpa susu sekalipun.

– Paling pas menikmati masala chai dengan camilan yang gurih dan asin.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Galih Adi Prasetyo

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads