alexametrics

Durian Toni dari Kabupaten Malang, Bisa Bantu Penyerbukan Pohon Lain

24 Maret 2020, 16:16:52 WIB

Nasib varietas lokal asli Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, ini sempat berada di ujung tanduk. Pohon indukannya hampir ditebang. Tapi, kini durian tersebut malah ’’berjasa’’ besar terhadap perkembangan pohon lain.

PERKEMBANGAN pohon durian turut dipengaruhi pohon lain di sekelilingnya. Jika penyerbukan bagus, tingkat keberhasilan tumbuh pohon tersebut juga bagus. Karena itu, pohon yang mengalami pertumbuhan biasa membutuhkan pohon lainnya. Terutama yang punya kemampuan untuk membantu proses penyerbukan.

Nah, di Kabupaten Malang, ada satu durian yang pohonnya punya kemampuan bagus di ’’bidang’’ itu. Namanya durian toni, asli Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Malang.

Pohon durian tersebut sudah sangat tua. Usianya mencapai 150 tahun. Pohon itu disebut-sebut sangat berjasa besar pada tumbuh suburnya durian lain di wilayah tersebut.

Meski demikian, pohon indukan durian toni sempat nyaris punah. Selain karena dianggap sudah sangat tua, ukurannya terlalu besar. Apalagi, ada sejumlah durian lokal lain yang kualitasnya tak kalah bagus. ’’Namun, saat itu dilarang peneliti dari Universitas Brawijaya,’’ ujar penggiat durian Ngantang Amad Kasrawi.

Saat itu peneliti Universitas Brawijaya menyebut pohon itu memiliki keunggulan yang tidak ada di pohon lain. Bisa membantu kesuburan tanaman di sekitarnya. Sebab, kemampuan penyerbukannya bagus. ’’Mereka bilang pohon itu pejantan yang tangguh dan bagus untuk pohon lain,’’ jelas Amad.

Memanfaatkan durian toni untuk membantu proses penyerbukan tidak sulit. Cukup memosisikan durian tersebut di tengah-tengah area pohon lain. Dengan begitu, semua pohon bisa terbantu. Amad mengungkapkan, penyerbukan dengan cara seperti itu sudah banyak dilakukan durian mancanegara.

Penyerbukan yang sempurna akan membuat kualitas buah yang dihasilkan lebih bagus. Ukuran buah maupun bentuknya sempurna. Tidak perot. Selain itu, rasanya oke.

Selain ikut membantu pertumbuhan tanaman-tanaman lain, durian toni memiliki beberapa keunggulan. Terutama tekstur daging buah dan kualitas rasanya.

Durian tersebut memiliki daging buah yang lebih kering dan pulen. Aromanya juga lebih kuat dibanding durian-durian lain. Dari segi rasa, varietas ini layak masuk kategori durian enak. Rasanya lebih cenderung manis dan tanpa pahit. Ada sedikit rasa gurih.

Tetap Kukuh meskipun Sudah Uzur

Karena keunggulannya, warga sangat getol menanam si Toni. Beberapa di antaranya memiliki pohon dalam jumlah banyak. ”Sekarang sudah ada 20 pohon. Tersebar di antara pohon-pohon lain,” kata Amat.

Meski demikian, Amat tetap merawat pohon indukannya. Yang istimewa, meski berusia uzur, pohon durian toni masih kukuh berdiri. Bentuknya juga masih sempurna. Hanya saja beberapa bagian batang yang sedikit sempal. ”Buahnya juga lebat. Bisa sampai 1.500 butir,” ujar pekebun durian itu.

Selain si Toni, durian lain yang juga bisa membantu penyerbukan pohon lain adalah Durian Vodka. Namun, jika dibandingkan dengan Toni, masih kalah jauh.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c17/ris



Close Ads