alexametrics

Santap Yee Sang Saat Imlek, Salad Tiongkok yang Bawa Hoki

24 Januari 2020, 16:54:26 WIB

JawaPos.com – Perayaan Imlek identik dengan kumpul keluarga dan makan bersama. Biasanya malam Imlek atau malam sebelum perayaan Imlek, dirayakan dengan kumpul bersama keluarga sambil makan malam bersama. Salah satu menu yang seru dan bisa disantao bersama adalah Yee Sang.

Yee Sang adalah salad khas Tiongkok yang memiliki warna yang cantik. Terdiri dari aneka sayuran dan snack yang renyah tercampur menjadi sebuah rasa manis, asin, gurih, dan asam.

Chef Hotel Mulia Senayan Jakarta menunjukkan atraksi cara membuat Yee Sang yang menarik. Yee Sang ditempatkan dalam wadah piring besar, dan cara menyantapnya harus diaduk bersama. Lalu sambil berharap hoki akan datang di tahun tikus logam saat ini.

“Kami ada menu Yee Sang, salad ini merupakan bagian integral dalam Tahun Baru Imlek,” kata Director of Digital Marketing Irfan Mulla kepada wartawan baru-baru ini.

Yee Sang adalah salad yang mewah, yang dilengkapi dengan irisan buri oh, ubur-ubur, sayuran, dan saus jeruk Mandarin. Semua orang di sekitar meja harus berdiri dan menggunakan sumpit untuk mencampur dan melemparkan salad saat berbagai doa dilontarkan.

Berdasarkan kepercayaan turun menurun, semakin tinggi salad dan semakin dilempar, justru akan mendatangkan keberuntungan. Rasanya saat dicicipi memiliki ciri khas campur aduk.

“Rasanya campur-campur ada manis, asin, pahit, asam sesuai dengan filosofi kehidupan yang penuh warna,” kata Chef Hotel Mulia.

Dan mitos lainnya meminta siapa saja yang menyantapnya agar tidak berantakan saat mengaduknya. Sehingga kehidupan juga berjalan tak berantakan dan teratur.

“Terdiri dari 12 macam warna sesuai shio dan tahun tradisi Tiongkok. Ada kulit jeruknya, wijen, talas, mangga, dan pepaya. Cocok disantap bersama keluarga,” kata dia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads