alexametrics

Berburu Durian Biji Kecil: Dicari Penggemar karena Dagingnya Tebal

23 Maret 2020, 15:55:48 WIB

Durian dengan biji mungil alias pongge menjadi salah satu favorit para penggemar si raja buah. Ada sejumlah varietas lokal asal Jatim yang menawarkan sensasi ini.

BAGI para penggemar durian, buah yang memiliki biji kecil pada daging buah merupakan sebuah berkah. Sebab, dagingnya lebih tebal dan banyak.

Biji kecil bisa didefinisikan beragam. Ada durian dengan biji kempet atau gepeng. Ada pula durian dengan biji hanya sebesar ujung kuku. Bahkan, ciri itu menjadi salah satu penentu unggul tidaknya sebuah durian.

Sampai-sampai, para penjual durian menjadikan pongge sebagai bahan promosi untuk menawarkan buah mereka.

Hal itu tak salah. Sebab, rata-rata durian unggulan memiliki ukuran biji yang kecil atau gepeng dalam setiap butir buah. Jumlahnya beragam. Ada yang hanya satu dalam tiap juring. Bahkan, pada durian tertentu, nyaris semuanya kecil. Bisa dibayangkan, menikmati durian itu seperti makan selai durian.

Di wilayah Jatim, ada sejumlah durian yang menawarkan sensasi buah dengan biji kecil. Salah satunya adalah durian tawing asal Magetan. Varietas itu memiliki banyak bagian dengan biji kecil. Bahkan, dalam satu juring penuh, bijinya hanya ada seukuran kuku.

’’Sebagian pembeli sampai takjub, kok ada durian seperti ini,’’ ujar Warno, pemilik pohon durian.

Selain itu, ada durian sentul dari Nganjuk. Varietas itu memiliki daging tebal dengan biji keci atau gepeng. Namun, jumlahnya tak sebanyak durian tawing. Ada yang ukuran bijinya normal. ’’Sehingga daging yang aslinya sudah tebal jadi tambah tebal karena bijinya kecil,’’ ujar pemilik pohon, Yuda Setiawan.

Ada pula yang menawarkan sensasi biji mungil, yakni durian keping dari Ponorogo. Varietas ini memiliki pongge gepeng. Menurut pendiri dan Ketua Yayasan Durian Nusantara Mohamad Reza Tirtawinata, ada beberapa faktor yang memengaruhi sebuah durian memiliki pongge kecil atau kempet. ’’Faktornya bisa secara genetik, penyerbukan yang tidak sempurna, atau kondisi parthenocarpy,’’ ujarnya.

Dia menyatakan, agar durian memiliki biji kecil, ada treatment khusus yang membutuhkan proses panjang. ’’Caranya, menambahkan zat pengatur tumbuh agar ukuran bijinya berubah setelah diberi perlakuan. Tapi, tidak ada jaminan selalu berhasil. Faktor penentunya banyak sekali,’’ paparnya.

Tidak Bisa Ditebak dari Luar

Besar kecil biji daging buah kerap dianggap sebagai salah satu parameter untuk menentukan kualitas sebuah durian.

Ketua Yayasan Durian Nusantara Mohamad Reza Tirtawinata tidak menampik hal tersebut. Namun, parameter itu bukan satu-satunya yang utama. ”Yang paling prioritas tetap pada rasa,” ujar pakar buah tropis Indonesia tersebut.

Sementara itu, sejauh ini tidak ada patokan khusus untuk bisa mengetahui apakah sebuah durian memiliki biji kecil. Penikmat si raja buah baru mengetahuinya ketika buah sudah dibelah dan dinikmati.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : c12/c5/ris



Close Ads