alexametrics

Bikin Shepherd’s Pie ala Inggris, Simmer untuk Sempurnakan Tekstur

22 Agustus 2021, 19:48:33 WIB

Shepherd’s pie adalah hidangan yang umum di Inggris. Diketahui ada sejak 1700-an, hidangan ini awalnya merupakan gabungan dari makanan sisa yang diolah kembali oleh ibu rumah tangga untuk berhemat. Rupanya, olahan tersebut menjadi hidangan yang nikmat dan hangat.

SECARA tradisional, hidangan ini dibuat dengan daging domba, sesuai dengan namanya shepherd yang berarti memelihara dan menjaga domba. Namun, seiring berjalannya waktu, daging domba bisa diganti dengan daging merah lainnya. Misalnya, sapi. Daging sapi cincang dibumbui sedemikian rupa, kemudian disajikan bersama mashed potato panggang.

Membuatnya pun cukup mudah. Hanya, ada poin-poin yang perlu diperhatikan agar rasanya lebih mantap. Salah satunya adalah penggunaan pasta tomat dan saus tomat. Menurut Elvin Lukman, chef The Sages Institute, International, kendati dua bahan itu terlihat mirip, rasanya berbeda. Jadi, setiap bentuk punya rasa sendiri-sendiri. ’’Begitu dimakan, rasanya kompleks, harapannya seperti itu,’’ terangnya kepada Jawa Pos pada 3 Agustus lalu.

Untuk memasak daging cincang pun, ada triknya. Elvin menuturkan, setelah dicampur dengan sayuran dan kaldu ayam, daging cincang didiamkan dulu dengan api kecil selama sekitar 20 menit. Tujuannya adalah agar sayurannya menjadi lebih lunak dan meresap, juga menyempurnakan tekstur.

’’Waktu di-simmer gini belum dibumbui sama sekali. Teksturnya juga akan beda. Kalau tadi daging agak lembek, sekarang mulai keras. Waktu kita makan, enggak kenyal-kenyal,’’ katanya. Menurut dia, selama proses simmer, protein daging akan terbuka dan membuatnya lebih gurih meski belum ditambah bumbu apa pun.

’’Meski daging giling mudah menjadi empuk, tapi kalau enggak di-simmer, rasanya kurang enak, seperti abon basah,’’ imbuhnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses membumbui dengan gula, garam, lada, dan kecap inggris secukupnya. Kemudian, baru disajikan bersama kentang tumbuk yang sudah dipanggang.

Bahan Isian

Daging sapi cincang: 300 g

Bawang merah: 2 g

Bawang bombai: ¼ pc

Wortel: ¼ pc

Daun salam: 1 pc

Thyme kering: ½ sdt

Saus tomat: 2 sdm

Pasta tomat: 1 sdm

Kecap inggris: 1 sdm

Kaldu ayam: 150 ml

Kacang polong: 3 sdm

Telur: 1 butir

Minyak goreng: 1 sdm

Mentega: 1 sdm

Lapisan Kentang

Kentang besar : 2 buah

Cooking cream: 3 sdm

Mentega tawar: 1 sdm

Kuning telur: 1 butir

CARA MEMBUAT SHEPHERD’S PIE

1. Buat mashed potato untuk topping dengan menghaluskan kentang yang sudah direbus.

2. Kemudian campur dengan cooking cream, mentega tawar, dan kuning telur. Masukkan ke piping bag, lalu sisihkan.

3. Tumis bawang bombai dan bawang merah dengan minyak di wajan hingga layu.

4. Tambahkan pasta tomat dan masak hingga pasta tomat menjadi karamel.

5. Masukkan daging sapi cincang. Masak terus hingga berubah warna.

6. Tambahkan saus tomat, thyme, daun salam, wortel, dan kaldu ayam. Masak hingga agak mengental.

7. Tambahkan kacang polong dan didihkan selama 15–20 menit. Bumbui dengan kecap inggris, lada, gula, dan garam secukupnya.

8. Siapkan wadah tahan panas, lalu masukkan adonan daging.

Masukkan mashed potato di atasnya dengan menggunakan piping bag agar rapi, kemudian ratakan permukaannya dengan pisau palet.

9. Olesi atasnya dengan kuning telur. Panggang selama 10 menit atau sampai topping berwarna cokelat keemasan. Sajikan selagi panas.

TIPS MEMBUAT SHEPHERD’S PIE

– Kaldu ayam yang digunakan bisa berupa kaldu ayam buatan sendiri atau kaldu ayam kemasan.

– Jika menggunakan kaldu ayam kemasan, perhatikan takaran garam agar tidak keasinan karena kaldu ayam kemasan mengandung MSG dan garam.

– Haluskan kentang ketika masih panas agar lebih lembut. Setelah dihaluskan, saring agar teksturnya lebih lembut dan creamy, juga tidak akan ada gumpalan-gumpalan kentang yang tersisa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adn/c12/tia

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads